Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / Daerah / Pariwisata / Tokoh/ Sejarah

Jumat, 29 Juli 2022 - 13:05 WIB

“Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi Daarul Haq

Publishnews.id-Acara penobatan Kebawa Duli Yang Maha Mulia (KDYMM) Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq berlangsung di aula Sultan Thaha, Bandara Sultan Thaha lama dihadiri sejumlah sultan di Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Para sultan dari Kerajaan Melayu di Indonesia ini begitu terkesima dengan Sultan Jambi keturunan keempat dari Sultan Thaha Saifuddin.

Menurut Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin dari Kesultanan Siak Sri Indra Pura mengatakan, dengan dinobatkan KDYMM Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq menandakan bangkitnya kesultanan Melayu Jambi secara utuh.
Dirinya berharap, kedepannya m bersatu padu tegakkan marwah dan adat budaya supaya tidak hilang.

“Jadi kalau tidak dilestarikan budaya kita sendiri, siapa yang melestarikan. Tentu kita lah yang melestarikan supaya anak cucu tahu jati diri yang sesungguhnya,” imbuhnya.

Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin menilai, hubungan Sultan dan pemerintah mestinya saling bekerja sama.

“Artinya selama ini, kesultanan yang ada di Nusantara ini tidak pernah diberikan kesempatan dalam ikut di pemerintah, dalam mengelola atau membangun suatu daerah,” tukasnya.

Baca Juga...  Fasilitas Listrik di WFC Dicuri, Wabup Tanjabbar Langsung Turun ke Lokasi

Sementara, katanya, Sultan ini merupakan pendiri atau owner yang memiliki suatu wilayah.

“Kenapa pemilik wilayah ini tidak diikutsertakan. Itu yang dipertanyakan,” ujarnya.

“Pemerintah itu pengelola, pemerintah tidak bisa jadi pemilik, dimana mana-pemilik wilayah tetaplah Sultan,” tegas Sultan Syarif.

Sedangkan, Kiam Radja Muda Tuan Guru DR (HC) Fekri Juliansyah Ph D yang juga Ketua Umum Himpunan Dzurriyat Radja Sultan se-Nusantara mengatakan, penobatan Yang Maha Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq ke 22 ini dinantikan bersama sebagai kebangkitan raja-raja, sultan-sultan di kawasan Melayu Raya.

Jambi adalah salah satu Kesultanan Melayu, karena itu kita berharap kepada Sultan Jambi agar dapat mengembalikan lagi marwah kesultanan Jambi menuju kejayaan Melayu, kejayaan Nusantara dan seluruh kerajaan Islam di dunia,” harapnya.

Baca Juga...  Breaking News! Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

Sebagai Ketua Umum, dia juga mengharapkan dan mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendukung keberlangsungan eksistensi kesultanan Jambi, yakni mendukung Sultan Sayid sebagai Sultan Jambi ke 22.

Yang Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah yang baru dinobatkan sebagai Sultan Jambi merasa bersyukur atas penobatan ini.

“Alhamdulillah bisa berjalan baik, ini adalah langkah awal dan tonggak sejarah dari Kerajaan Melayu Jambi. Ini bukti Jambi memiliki sejarah,” tuturnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada yang telah membantu proses penobatan ini.
Terimakasih juga bagi para Sultan yang hadir, semoga amanah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucap Sultan Jambi ini. (Rasyid)

Share :

Baca Juga

Berita

Breaking News !! Kapolres Merangin dan Tebo Diganti

Berita

Aturan Baru, Mulai Mei 2023 Truk Batu Bara di Provinsi Jambi Harus Pakai Plat BH, Sanksinya Sudah Disiapkan

Batanghari

Hari Raya Idul Adha 2022/ 1443 Hijriyah.Jatuh Pada Tanggal (10/07/22)

Berita

Hingga Tanggal 30 April Angkutan Batu bara dan Barang Tak Boleh Melintas Saat Arus Mudik dan Arus Balik

Berita

Survei Tingkat Kepercayaan Publik, Polda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Meraih Peringkat Ke 5 Se Indonesia

Berita

Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Muaro Jambi Terbakar, 3 Karyawan Terluka

Batanghari

Amin Tajam Apresiasi Pembangunan Fasilitas Publik di Batanghari Selama Dipimpin Fadhil-Bakhtiar

Batanghari

Sedih Seorang Ibu Bawa Jenazah Anaknya Terjebak Macet Selama 12 Jam