DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024 Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas  Peduli terhadap Masyarakat dan Menangkan Prabowo Gibran,SOLMET bagikan Stiker,Susu dan Makan Gratis 2.222 Paket di Jambi Pelindo Regional 2 Jambi Sukses Layani 6.987 unit Kapal Selama 2023 Polri Peduli, Kapolda Jambi Lepas Langsung 12.000 Paket Sembako Untuk Masyarakat Provinsi Jambi

Home / Berita / Daerah / Pariwisata / Tokoh/ Sejarah

Jumat, 29 Juli 2022 - 13:05 WIB

“Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi Daarul Haq

Publishnews.id-Acara penobatan Kebawa Duli Yang Maha Mulia (KDYMM) Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq berlangsung di aula Sultan Thaha, Bandara Sultan Thaha lama dihadiri sejumlah sultan di Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Para sultan dari Kerajaan Melayu di Indonesia ini begitu terkesima dengan Sultan Jambi keturunan keempat dari Sultan Thaha Saifuddin.

Menurut Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin dari Kesultanan Siak Sri Indra Pura mengatakan, dengan dinobatkan KDYMM Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq menandakan bangkitnya kesultanan Melayu Jambi secara utuh.
Dirinya berharap, kedepannya m bersatu padu tegakkan marwah dan adat budaya supaya tidak hilang.

“Jadi kalau tidak dilestarikan budaya kita sendiri, siapa yang melestarikan. Tentu kita lah yang melestarikan supaya anak cucu tahu jati diri yang sesungguhnya,” imbuhnya.

Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin menilai, hubungan Sultan dan pemerintah mestinya saling bekerja sama.

“Artinya selama ini, kesultanan yang ada di Nusantara ini tidak pernah diberikan kesempatan dalam ikut di pemerintah, dalam mengelola atau membangun suatu daerah,” tukasnya.

Baca Juga...  Pelindo Regional 2 Jambi Sukses Layani 6.987 unit Kapal Selama 2023

Sementara, katanya, Sultan ini merupakan pendiri atau owner yang memiliki suatu wilayah.

“Kenapa pemilik wilayah ini tidak diikutsertakan. Itu yang dipertanyakan,” ujarnya.

“Pemerintah itu pengelola, pemerintah tidak bisa jadi pemilik, dimana mana-pemilik wilayah tetaplah Sultan,” tegas Sultan Syarif.

Sedangkan, Kiam Radja Muda Tuan Guru DR (HC) Fekri Juliansyah Ph D yang juga Ketua Umum Himpunan Dzurriyat Radja Sultan se-Nusantara mengatakan, penobatan Yang Maha Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq ke 22 ini dinantikan bersama sebagai kebangkitan raja-raja, sultan-sultan di kawasan Melayu Raya.

Jambi adalah salah satu Kesultanan Melayu, karena itu kita berharap kepada Sultan Jambi agar dapat mengembalikan lagi marwah kesultanan Jambi menuju kejayaan Melayu, kejayaan Nusantara dan seluruh kerajaan Islam di dunia,” harapnya.

Baca Juga...  Audiensi Bersama Demonstran, Ini 10 Poin Kesimpulan Yang Ditawarkan Pemprov Jambi

Sebagai Ketua Umum, dia juga mengharapkan dan mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendukung keberlangsungan eksistensi kesultanan Jambi, yakni mendukung Sultan Sayid sebagai Sultan Jambi ke 22.

Yang Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah yang baru dinobatkan sebagai Sultan Jambi merasa bersyukur atas penobatan ini.

“Alhamdulillah bisa berjalan baik, ini adalah langkah awal dan tonggak sejarah dari Kerajaan Melayu Jambi. Ini bukti Jambi memiliki sejarah,” tuturnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada yang telah membantu proses penobatan ini.
Terimakasih juga bagi para Sultan yang hadir, semoga amanah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucap Sultan Jambi ini. (Rasyid)

Share :

Baca Juga

Berita

Danrem 042/Gapu Hadir Paripurna Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 77 Secara Virtual

Berita

Truck Pembawa Minyak Ilegal Rusak Di Jalan, Kapolres Muaro Jambi Barang Bukti Sudah Diamankan

Batanghari

Pangdam II/Swj Tinjau Karya Bakti Skala Besar Korem 042/Gapu

Berita

Kapolres Merangin Musnahkan Ratusan Botol Miras Hasil Tangkapan Sepanjang Tahun 2022

Daerah

Asrama Haji Jambi Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Berita

Wilson ABK Tenggelam di Sungai Batanghari Ditemukan Sejauh 9 KM

Berita

Kapolda Jambi Jenguk Kondisi AKP Johan Silaen di RS Bhayangkara

Berita

Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat