Diduga Tempat Timbun BBM Ilegal, 2 Gudang di Pijoan di Police Line Rangkaian HUT kemerdekaan RI Serunya Balap Becak Alat Transportasi Tradisional DiTanjab barat Ishak Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Tanjab Barat Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Over Kapasitas, Terbanyak Kasus Narkoba Danrem : Mari Jadikan Rumkit TK. III 02.06.01 dr. Bratanata Unggulan AD

Home / Berita / Daerah / Pariwisata / Tokoh/ Sejarah

Jumat, 29 Juli 2022 - 13:05 WIB

“Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi Daarul Haq

Publishnews.id-Acara penobatan Kebawa Duli Yang Maha Mulia (KDYMM) Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq berlangsung di aula Sultan Thaha, Bandara Sultan Thaha lama dihadiri sejumlah sultan di Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Para sultan dari Kerajaan Melayu di Indonesia ini begitu terkesima dengan Sultan Jambi keturunan keempat dari Sultan Thaha Saifuddin.

Menurut Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin dari Kesultanan Siak Sri Indra Pura mengatakan, dengan dinobatkan KDYMM Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq menandakan bangkitnya kesultanan Melayu Jambi secara utuh.
Dirinya berharap, kedepannya m bersatu padu tegakkan marwah dan adat budaya supaya tidak hilang.

“Jadi kalau tidak dilestarikan budaya kita sendiri, siapa yang melestarikan. Tentu kita lah yang melestarikan supaya anak cucu tahu jati diri yang sesungguhnya,” imbuhnya.

Sultan Syarif Abdul Jalil Saifuddin menilai, hubungan Sultan dan pemerintah mestinya saling bekerja sama.

“Artinya selama ini, kesultanan yang ada di Nusantara ini tidak pernah diberikan kesempatan dalam ikut di pemerintah, dalam mengelola atau membangun suatu daerah,” tukasnya.

Baca Juga...  Berikut Nama-nama ASN Jabatan Fungsional Yang Dilantik Sekda H M Azan dan Wabup Bakhtiar

Sementara, katanya, Sultan ini merupakan pendiri atau owner yang memiliki suatu wilayah.

“Kenapa pemilik wilayah ini tidak diikutsertakan. Itu yang dipertanyakan,” ujarnya.

“Pemerintah itu pengelola, pemerintah tidak bisa jadi pemilik, dimana mana-pemilik wilayah tetaplah Sultan,” tegas Sultan Syarif.

Sedangkan, Kiam Radja Muda Tuan Guru DR (HC) Fekri Juliansyah Ph D yang juga Ketua Umum Himpunan Dzurriyat Radja Sultan se-Nusantara mengatakan, penobatan Yang Maha Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah sebagai Sultan Jambi Daarul Haq ke 22 ini dinantikan bersama sebagai kebangkitan raja-raja, sultan-sultan di kawasan Melayu Raya.

Jambi adalah salah satu Kesultanan Melayu, karena itu kita berharap kepada Sultan Jambi agar dapat mengembalikan lagi marwah kesultanan Jambi menuju kejayaan Melayu, kejayaan Nusantara dan seluruh kerajaan Islam di dunia,” harapnya.

Baca Juga...  Kasihan... Pedagang Ini Dianiaya Oleh Puluhan Oknum BPBD

Sebagai Ketua Umum, dia juga mengharapkan dan mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendukung keberlangsungan eksistensi kesultanan Jambi, yakni mendukung Sultan Sayid sebagai Sultan Jambi ke 22.

Yang Mulia Sultan Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah yang baru dinobatkan sebagai Sultan Jambi merasa bersyukur atas penobatan ini.

“Alhamdulillah bisa berjalan baik, ini adalah langkah awal dan tonggak sejarah dari Kerajaan Melayu Jambi. Ini bukti Jambi memiliki sejarah,” tuturnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada yang telah membantu proses penobatan ini.
Terimakasih juga bagi para Sultan yang hadir, semoga amanah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucap Sultan Jambi ini. (Rasyid)

Share :

Baca Juga

Berita

HUT Tanjabbar ke-56, Bupati Anwar Ucapkan Terima Jasa Pendahulunya

Daerah

Kapolda Jambi Pantau Arus Balik di Perbatasan

Berita

Al Haris Dampingi Kasad Dudung Pantau Daerah Rawan Kebakaran

Muaro Jambi

Agar Mau di Vaksin, Bupati Masnah Busro Lakukan Pendekatan Secara Humanis Dengan Warga SAD

Berita

Pj Bupati Muaro Jambi Apresiasi MoU CSR antara PT KTN, PT EWF dan 38 Desa

Daerah

Waka DPRD Provinsi Jambi Minta Al Haris Evaluasi Kepala OPD

Daerah

Pertemuan Danrem 042/ Gapu Brigjen TNI Supriono Dengan Al Haris Bahas Konflik di Jambi, Termasuk PETI

Berita

Ishak Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Tanjab Barat