Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bungo Akibat PETI Masih Terjadi, Ketua Karang Taruna Angkat Bicara Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka

Home / Berita / Pariwisata

Jumat, 13 Mei 2022 - 12:29 WIB

Al Haris : Pemerintah Jambi Akan Berkan Perhatian Khusus Adat Budaya

Publishnews.id – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H, mengucapkan terima kasih atas penganugerahan gelar adat dari tokoh masyarakat Tanjung Pauh.

“Semoga dengan gelar adat ini, lebih memperkuat silahturahmi dan emosional saya dengan masyarakat Tanjung Pauh,” ujar Al Haris. Hal tersebut disampaikan Al

Haris pada acara Kenduri SKO Kedepatian Tanjung Pauh, bertempat di Kabupaten Kerinci, Kamis (12/05/2022). Al Haris mendapatkan gelar adat “Depati Tiang Negeri” berdasarkan keputusan bersama tokoh masyarakat.

Al Haris mengatakan, Kenduri SKO merupakan kenduri adat masyarakat yang telah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu. Untuk itu, kegiatan ini jangan hanya sekedar ceremonial saja, tetapi harus terus berkelanjutan karena Kenduri SKO ini kekayaan adat budaya Kerinci, serta tokoh masyarakat harus menetapkan dengan keputusan adat.

Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi saat ini memberikan perhatian khusus terkait adat budaya yang ada, sekarang banyak sekali masyarakat Jambi yang sudah mengabaikan hukum hukum adat. Kedepan, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengkaji ulang permasalahan hukum adat ini, sehingga hukum adat menjadi lebih tajam dan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari hari.

Baca Juga...  Kunjungan Kerja Pangdam II Sriwijaya ke Kodim 0415 Jambi Disambut Dandim Letkol Arm Eko Pristiono

“Saya mengharapkan agar setiap pemangku kepentingan turut berperan melakukan upaya untuk menjaga dan melestarikan adat budaya, khususnya Kenduri Sko dari kepunahan serta mempertahankan nilai-nilai kekayaan kearifan lokal daerah dan menanamkannya kepada generasi muda,” ungkap Al Haris.

“Upaya pengenalan nilai-nilai yang terkandung dalam suatu budaya dan tradisi bisa dilakukan melalui pendekatan edukasi dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal. Nilai-nilai kearifan lokal ini berperan dan berfungsi sangat penting untuk memberikan keteduhan pada kehidupkan sehari-hari yang sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan di Provinsi Jambi agar menjadi lebih baik lagi kedepannya,” lanjut Al Haris.

Baca Juga...  Ahmad Jafar Komitmen Bantu Kinerja Bupati Menyelesaikan Soal Tapal Batas

Lebih lanjut, Al Haris menuturkan, Kenduri Sko Kerinci akan menjadi salah satu agenda tahunan pariwisata bagi Pemerintah Provinsi Jambi yang merupakan budaya asli Bumi Sakti Alam Kerinci. Pemerintah Provinsi Jambi akan mengadakan festival Kenduri SKO Kerinci yang merupakan puncak dari seluruh kenduri SKO yang ada di Kabupaten Kerinci.

Dr.Hadi Candra mewakili Depati Ninik Mamak Tokoh Masyarakat Tanjung Pauh mengatakan, masyarakat Kedepatian Tanjung Pauh memberikan gelar adat kepada Bapak Gubernur Jambi adalah sebagai bentuk apresiasi yang sudah membawa perubahan selama memimpin Provinsi Jambi, khususnya bagi Kabupaten Kerinci.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubenur Jambi, dan menyampaikan apresiasi atas usaha dan upaya dalam membangun Provinsi Jambi yang kita cintai bersama ini. Kami masyarakat Kerinci telah merasakan semakin membaiknya kesejahteraan masyarakat, peningkatan ekonomi dan transportasi yang lancar,” kata Hadi.

Share :

Baca Juga

Berita

Kuala Tungkal Berduka, 18 Kios Di Kawasan Pelabuhan Ampera Ludes Terbakar

Berita

Berkunjung ke Bungo, Al Haris Janjikan Pemerataan Pembangunan Disetiap Kabupaten/ Kota

Berita

Seleksi Observasi 700 Guru Honorer Tanjabbar Lulus Seleksi Bahan PPPK Formasi Guru

Batanghari

Terjun Langsung Geledah Dugaan Gudang Minyak ilegal Desa Kampung Pulau,unit Tipidter Polres Batanghari Dan Tim tidak Temukan Satu Pun Alat Di Gudang Tersebut

Berita

Wakapolresta Jambi Hadiri Pelantikan PJ Walikota Jambi Oleh Gubernur Jambi

Berita

Yun Ilman Optimis Lolos ke Senayan, Ini Latar Belakang dan Sepak Terjang ‘Sang Jenderal’ Nomor 8 dari Golkar

Berita

Langkah Progresif Perangi Narkoba, Lapas Kuala Tungkal Gelar Tes Urine Pegawai Dalam Rangka Peringatan HANI Tahun 2023

Berita

Liga Santri Piala Kasad Jambi, Kirim Santri pondok Nurul Jalal Ke Tingkat Nasional