Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Batanghari / Berita / Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 - 15:53 WIB

Apkasindo Batanghari Tagih Janji Gubernur Jambi Dan Bentuk Satgas TBS

Publishnews.id – MUARABULIAN -Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Batanghari, Mashuri tagih janji Gubernur Jambi untuk membentuk satgas tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Jambi, Al Haris di saat rapat penetapan harga TBS sawit di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (4/8/2022).

Rapat tersebut dipimpin Al Haris yang dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ketua DPRD Jambi, kelompok kerja TBS, Gapki, Apkasindo dan 70 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Provinsi Jambi.

Baca Juga...  Pemkab Muaro Jambi Terima Penghargaan Peduli Kekayaan Intelektual

Mashuri bilang kesepakatan dalam pertemuan itu satu diantarnya adalah setiap kabupaten dan kota harus memiliki satgas tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

PKS di Batanghari masih ada ditemukan membeli TBS di bawah harga yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp2.016 per kilonya,” katanya pada Selasa (9/8/2022).

Terkait PKS yang tidak patuh akan dikenakan sanksi pencabutan izin yang dilaporkan oleh Satgas TBS disetiap kabupaten dan kota.

“Bisa dilaporkan ke Presiden, Mentri, gubernur dan bupati supaya PKS yang tidak mematuhi aturan untuk bisa mencabut izin perusahaannya,” ujarnya.

Baca Juga...  (PPDI) Kabupaten Batanghari menggelar Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se Kabupaten Batanghari Dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus TA 2023

Menurut tinjauannya di lapangan masih ada PKS yang membatasi bahkan menyetop pembelian TBS dengan alasan tangki CPO penuh.

Ia sangat prihatin dengan kondisi ini sebab pengusaha Loading RAM telah mengantre dua atau tiga hari sehingga akan mengurangi berat TBS yang dibawa.

Harga TBS kelapa sawit di Batanghari di PT Kedaton Rp1.380, PT KBHB Rp1.315, PT Indo sawit Rp1.505, PT MMS Rp1.460 dan PT DMP Rp1.460,” pungkasnya.

Sumber ; Tribunjambi.com

Share :

Baca Juga

Berita

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dan Wujudkan Program Quick Wins Presisi, Dit Intelkam Polda Jambi Sosialisasi Pendamping UMKM

Berita

Peringati Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi ajak hormati para Pejuang

Berita

Langkah Progresif Perangi Narkoba, Lapas Kuala Tungkal Gelar Tes Urine Pegawai Dalam Rangka Peringatan HANI Tahun 2023

Berita

Sebanyak 13 Napi High Risk Dari Berbagai Kasus di Jambi Dipindahkan ke Nusa Kambangan

Daerah

HUT Provinsi Jambi, Al Haris Buka Lomba Melukis Tingkat SD

Berita

Nekat Lakukan Pemerasan Dan Ancam Korban Akan Dibawa Ke Polsek, Dua Pria Diamankan Polisi

Daerah

Program DUMISAKE Tingkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Jambi

Berita

“Sebanyak 280 UMKM Kota Jambi Ikuti Bimtek Keamanan Pangan