Gagal Salip Truk karena Motor Oleng, Siswi SMP di Jambi Tewas Terlindas Tendangan Kick Off Dandim 0419/Tanjab, Buka Turnamen Sepak Bola Antar Instansi
Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan

Home / Batanghari / Berita / Daerah

Selasa, 9 Agustus 2022 - 15:53 WIB

Apkasindo Batanghari Tagih Janji Gubernur Jambi Dan Bentuk Satgas TBS

Publishnews.id – MUARABULIAN -Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Batanghari, Mashuri tagih janji Gubernur Jambi untuk membentuk satgas tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur Jambi, Al Haris di saat rapat penetapan harga TBS sawit di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (4/8/2022).

Rapat tersebut dipimpin Al Haris yang dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ketua DPRD Jambi, kelompok kerja TBS, Gapki, Apkasindo dan 70 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Provinsi Jambi.

Baca Juga...  Kapolda Jambi Pimpin Sertijab 2 PJU Polda Jambi

Mashuri bilang kesepakatan dalam pertemuan itu satu diantarnya adalah setiap kabupaten dan kota harus memiliki satgas tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

PKS di Batanghari masih ada ditemukan membeli TBS di bawah harga yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp2.016 per kilonya,” katanya pada Selasa (9/8/2022).

Terkait PKS yang tidak patuh akan dikenakan sanksi pencabutan izin yang dilaporkan oleh Satgas TBS disetiap kabupaten dan kota.

“Bisa dilaporkan ke Presiden, Mentri, gubernur dan bupati supaya PKS yang tidak mematuhi aturan untuk bisa mencabut izin perusahaannya,” ujarnya.

Baca Juga...  Kurang Dari 24 Jam Sembilan Pelaku Begal Di Mendalo Diringkus Polsek Jaluko

Menurut tinjauannya di lapangan masih ada PKS yang membatasi bahkan menyetop pembelian TBS dengan alasan tangki CPO penuh.

Ia sangat prihatin dengan kondisi ini sebab pengusaha Loading RAM telah mengantre dua atau tiga hari sehingga akan mengurangi berat TBS yang dibawa.

Harga TBS kelapa sawit di Batanghari di PT Kedaton Rp1.380, PT KBHB Rp1.315, PT Indo sawit Rp1.505, PT MMS Rp1.460 dan PT DMP Rp1.460,” pungkasnya.

Sumber ; Tribunjambi.com

Share :

Baca Juga

Batanghari

Kelompok Tani Terusan Bersatu Tantang PT WKS Hitam Diatas Putih

Batanghari

Awal Jabatannya Penuh Tantangan, Fadhil – Bakhtiar Mampu Selesaikan Hutang

Daerah

Hampir 100 Hari Al Haris Menjabat, Ini Pandangan Tokoh Muda Jambi

Batanghari

Ketua DPRD Batanghari, Anita Yasmin Setujui Pemkab Pinjam Duit

Batanghari

Bersama Polres Batanghari, IWO Batanghari Salurkan Bansos untuk Masyarakat

Berita

HUT Tanjabbar ke-56, Bupati Anwar Ucapkan Terima Jasa Pendahulunya

Batanghari

Sekda Azan Sebut Pilkades Batanghari Ditunda Hingga Oktober

Berita

Antisipasi Dampak Kenaikan BBM & Inflasi, Pemprov Jambi Siapkan Dua Langkah