Masyarakat Jambi Bersama Mahasiswa Akan Menggelar Pesta Rakyat Bhayangkara Di 5 Kabupaten/Kota Perdana, Pesta Rakyat Bhayangkara Akan Digelar Serentak bersama 5 Polres Jajaran Polda Jambi Bupati Batanghari Melalui Sekda Muhammad Azan Melantik Indra Gunawan Selaku Pj Desa Teluk Ketapang Tak Hanya Silaturahmi, Ketua PWI Kota Jambi Periode 2023-2026 Turut Sampaikan Program Kerja saat Kunjungi Kajari Jambi Dandim 0415/Jambi Hadiri Sosialisasi PT. Pegadaian Cabang Jambi

Home / Berita

Senin, 18 Juli 2022 - 23:30 WIB

Audiensi Bersama Demonstran, Ini 10 Poin Kesimpulan Yang Ditawarkan Pemprov Jambi

Publishnews.id – Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, menemui dan melakukan audiensi terhadap para demonstran yang telah memadati Kawasan Depan Kantor Gubernur Jambi, (18/7/2022).

Demonstran yang memadati Kantor Gubernur Jambi, setelah sebelumnya melakukan longmarch dari Bundaran Bank BI, melakukan aksi untuk menyampaikan sejumlah tuntutan kepada Gubernur Jambi Al Haris.

Aksi demonstrasi dari para Petani Sawit yang tergabung dalam Sarekat Petani Indonesia (SPI) itu sempat ricuh, hal itu lantaran ada tarik menarik antara para demonstran yang ingin masuk ke kantor Gubernur dan juga petugas keamanan yang mengawal aksi demonstrasi.

Untuk mendengar tuntutan demonstran, Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, menemui para demonstran dan memutuskan untuk mengajak beberapa perwakilan dari masa aksi untuk melakukan audiensi.

“Ada 10 poin kesimpulan yang saya sampaikan dihadapan para anggota SPI, mudah-mudahan itu bisa menjawab (permasalahan buruh, red). Secara strategis lagi pak gubernur akan berkirim surat kepada Pemkab/Pemkot untuk menyelesaikan masalahnya masing-masing di wilayahnya,” kata Sudirman.

Baca Juga...  Polsek Jaluko Silaturahmi dan Bagikan Sembako pada Mahasiswa UNJA Asal Papua

“Mengapa masalah ini merebak di Provinsi, karena Kabupaten/Kota yang mestinya bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah itu tidak sepenuhnya menyelesaikan persoalannya langsung,” tambahnya.

Ia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyelesaikan permasalahan di wilayahnya masing-masing sebelum menyerahkan ke tingkat Provinsi.

“Boleh saja Kabupaten/Kota ketika tidak sanggup menyelesaikan masalah ini dilemparkan ke Provinsi, tapi selesaikan dulu, jangan belum diselesaikan langsung dilemparkan ke Provinsi,” pungkasnya.

“Konflik itu bisa diselesaikan ketika Kabupaten/Kota punya komitmen untuk menyelesaikannya sesuai kewenangannya,” tutupnya.

Dari audiensi dengan Demonstran, Pemprov Jambi membentuk 10 poin penyelesaian yang juga menjadi tuntutan dari para demonstran diantaranya ,.

  1. Dibentuknya tim penyelesaian sengeketa terpadu.
  2. SK Sekda Pokja tentang Pokja menyelesaikan konflik tertentu.
  3. Melibatkan SPI dalam pembahasan Pokja.
  4. Dinas Kehutanan bertanggungjawab memfasilitasi dengan melibatkan SPI.
  5. Memerintahkan Pemkab dan Pemkot untuk serius menangani sengketa lahan yang terjadi di wilayah yang menjadi wewenangnya.
  6. BPN tidak akan memproses perpanjangan izin perkebunan sebelum kasus dengan masyarakat diselesaikan.
  7. Kriminalisasi akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan Polda Jambi.
  8. Tata kelola perkelapasawitan yang dalam hal ini pabrik untuk petani, regulasi perkebunan, harga, kualitas buah, pendataan kebun masyarakat, difasilitasi oleh Dinas Perkebunan dengan didampingi oleh pihak SPI
  9. Disbun dan BPN akan undang pihak SPI
  10. UU cipta kerja akan disuarakan kepada Pemerintah Pusat.
Baca Juga...  Polres Tanjab Barat Kembali Tangkap Terduga Pelaku Narkoba Jenis Sabu Sabu

Setelah ada perwakilan untuk melakukan audiensi dengan pihak Pemprov, masa pun beralih ke gedung DPRD Provinsi Jambi untuk menyampaikan aspirasinya kepada para wakil rakyat tersebut.(rbrk)

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua Kafilah Tanjab Barat Hadiri Malam Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ KE 51 di Sungai Penuh

Batanghari

” Warning ” Yang Dibuat Oleh Pemerintahan Desa Pulau Betung Seolah Olah Dikangkangi Oleh Sopir Angkutan Perusahaan

Berita

Breaking News, Mobilisasi Angkutan Batu Bara Kembali Dihentikan, Dir Lantas Polda Jambi: Melebihi Kuota dan Kemacetan

Batanghari

Fadhil Arief Minta ASN Tidak Ada Lagi Memiliki Pemikiran Kotor Terhadap Pemerintah

Berita

134 Desa di Tanjab Barat Sudah Miliki Da’i Desa

Berita

Ditreskrimum Polda Jambi Tangkap 12 Anggota Dishub Batanghari dan Kota Jambi karena Lakukan Pungli Terhadap Sopir Truk

Berita

Ini 43 Desa Melaksanakan Pilkades di Tanjab Barat Hari Ini

Berita

Edarkan Ganja Seberat 4,8 Kg, Seorang Pelajar Dibekuk Ditresnarkoba Polda Jambi