Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / TNI AD

Jumat, 16 September 2022 - 22:49 WIB

Beri Kuliah Umum di Unja, Pangdam II/Swj Sampaikan Masalah Persatuan, Nasionalisme dan Indonesia Emas di tahun 2045

Publishnews.id – JAMBI -Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A.,M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045″di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jumat (16/9/2022).

Tiba di Kampus Pinang Masak Unja,Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Sutrisno, M.Sc., Ph.D beserta para Wakil Rektor,perwakilan para Dekan dan para Kepala Biro UNJA.


Penyambutan ditandai pemasangan selempang Universitas Jambi oleh Rektor kepada Pangdam II/Sriwijaya.


Dihadapan lebih kurang 1200 Mahasiswa Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa beliau tidak asing dengan kampus Unja karena Orangtuanya mulai karier sampai purna di Unja dan dirinya sempat kuliah di Unja selama 2 Semester di Fakultas Pertanian sebelum beliau lulus masuk Akademi Militer.


Sebelum masuk materi kuliah umum Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan “Sukses itu bukan tujuan, sukses itu merupakan proses, dalam proses kehidupan banyak orang yang terlibat dan jangan dilupakan tetap jaga silahturahim.

Baca Juga...  Warga Sarolangun Dihenohkan Penemuan Mayat di Sungai


Dalam kuliah umum ini,Pangdam mengatakan ada 3 hal yang akan disampaikannya, yakni,Masalah Persatuan, Masalah Nasionalisme dan Bagaimana Indonesia Emas di tahun 2045.

“Negara Kita adalah negara Kepulauan berbagai macam suku bangsa, bahasa,dan memiliki arti penting bagi kita semua dan kita sudah diakui dunia, saat ini negara kita ada permasalahan perbatasan yang sampai saat ini masih alot, yaitu perbatasan negara kita dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Permasalahan ini dibutuhkan diplomat-diplomat ulung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.


Selain itu Mayjen Hilman Hadi juga mengatakan Pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman guna mempertahankan kelangsungan Negara NKRI, dimana pentingnya kita menjaga nilai budaya kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di tahun 2045 sehingga tercapainya Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat adil dan makmur.

Baca Juga...  Operasi Patuh 2023 Polres Sarolangun, AKBP Imam Rachman Tunjukkan Polantas mampu Jadi Ikon Polri yang Presisi


“Nasionalisme adalah semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945, Semangat Bela negara harus tertanam disanunbari kita hingga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan mengutamakan sikap kejujuran dan keadilan bagi adik-adik semuanya selaku calon pemimpin masa depan bangsa ini,” tambahnya.


Kemudian ia mengatakan Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol Penguatan SDM berbasis Knowledge dan ilmu teknologi,pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang guna menghadapi era emas di tahun 2045.

Terakhir,Pangdam berikan atensi khusus kepada para mahasiswa,yakni jadilah agen-agen perubahan positif dan menjadi kompetensi di Four Point Zero ini. Kemudian harus memiliki kemampuan _Critical Thinking_ (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, _Colaboration_ (Berkolaborasi) dan _Communication_ (Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di _Four Point Zero”._ pungkasnya,

Share :

Baca Juga

Batanghari

Fadhil Arief Minta Kades Profesional: Perangkat Desa Kinerjanya Tidak Bagus Ganti Aja

Berita

Soal Joget Tak Pantas, Wali Kota Jambi: Jika EO Sengaja, Kami Cabut Izinnya!

Berita

Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Over Kapasitas, Terbanyak Kasus Narkoba

Berita

Sadis!! Wargo Tabir Selatan Menjadi Korban Perampokan, 19 jahitan melukai kepalak Korban

Berita

Polres Muaro Jambi Gagalkan TPPO Anak dibawah Umur Yang akan di bawa ke Batam

Berita

Polda Jambi Gagalkan Penyeludupa 30,1 Kg Sabu dan 14.958 Butir Ekstasi di Wilayah Tanjabbar

Berita

Dinyatakan Kompetensi, Pimpred Bidik Indonesia News Lulus Dengan Nilai Tertinggi saat UKW oleh Dewan Pers

Batanghari

Satu Unit Rumah Warga di Desa Penerokan Ludes Dilahap Sih Jago Merah