Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bungo Akibat PETI Masih Terjadi, Ketua Karang Taruna Angkat Bicara Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka BPJN Jambi Sebut Jembatan Ditabrak Tongkang Batubara Aman Dilalui dan Minta PPTB Lakukan Perbaikan

Home / Hukrim

Selasa, 5 Oktober 2021 - 16:10 WIB

BNN Jambi Gagalkan Penyelundupan 45 Kg Ganja Kering dari Aceh

Publishnews.id – BNN Provinsi Jambi berhasil membongkar aksi penyelundupan ganja kering siap edar dari Aceh melalui Jambi. Ganja seberat 45 Kg dengan golongan I itu, diamankan petugas BNN di Kabupaten Bungo Jambi saat akan diedarkan ke pulau Jawa melalui bus antar provinsi.

“45 kg ganja ini diamankan dari seorang kurir bernama Andika Noor Pratama, saat membawanya menggunakan sebuah bus antar kota antar provinsi. Penangkapan ini dilakukan setelah satu bulan memantau pergerakan pelaku,” kata Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Guntur Aryo Tejo kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Pengagalan penyelundupan ganja itu setelah petugas BNN mendapati informasi masuknya ganja dari jalur darat menuju Jambi. Petugas yang bergerak cepat kemudian melakukan pemeriksaan ketat setiap akses masuk jalan menuju Jambi hingga akhirnya petugas berhasil temukan barang bukti ganja yang dibungkus dan diletakan di dalam bagasi bus.

Baca Juga...  Polda Jambi Ungkap 91 Kasus Perjudian dengan Tersangka 133 Orang

“Untuk melabuhi petugas, pelaku ini sengaja mengemas ganja itu di dalam sebuah kardus kemudian dimasukkan ke dalam dua karung,” ujar Guntur.

Pelaku juga sengaja mengoles karung dengan bau ikan asin agar tidak dapat dicurigai pemilik bus maupun petugas yang merazia. Hanya saja, petugas yang telah mendapatkan informasi tak dapat dikelabuhi setelah berhasil memeriksa karung bawaan dengan berisikan ganja kering.

“Ini cara tersangka untuk melabuhi petugas, memang kemasan barang bukti itu mengeluarkan aroma ikan asin, ya itu cara modus mereka,” kata Guntur.

Dalam sekali pengiriman ganja ini, tersangka bernama Andika yang merupakan kurir itu mendapatkan upah sebesar Rp 10 juta. Bahkan Andika juga sudah kedua kali melakukan pengiriman, dimana sebelumnya, ia berhasil mengirim sekira 50 Kg ganja, yang dibawa melalui lintas barat, menuju Lampung dan ke Pulau Jawa.

Baca Juga...  Kurang Dari 24 Jam Sembilan Pelaku Begal Di Mendalo Diringkus Polsek Jaluko

“Pertama kali lolos, kedua kali ini berhasil kita tangkap, tersangka juga merupakan warga Kelurahan Cikundul, Lembur Situ, Kota sukabumi, Jawa barat. Dan nanti akan kita kembangkan lagi siapa pemiliknya atau bandar dari barang ini,” ujar Guntur.

Dari hasil penggagalan ganja ini, BNN juga amankan 1 unit Handphone dan tiket penumpang serta nomor bagasi. Selanjutnya untuk mengembangkan kasus ini, tersangka masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber: Detik.com

Share :

Baca Juga

Hukrim

Tim Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris di Tanjabbar di Dua Lokasi

Hukrim

Masuk ke Kantor KPU Tanjab Timur, Tim Penyidik Langsung Borgol Pegawai

Hukrim

Pecatan Polisi di Jambi Enam Kali Curi Motor, Melawan Saat Ditangkap

Hukrim

Sering Buat Onar, Kepala Geng Motor di Kota Jambi Ditangkap Satreskrim Polresta Jambi

Hukrim

Kakak Kandung Bunuh Adik Sendiri Dengan Sadis

Hukrim

Pelaku Pembunuhan Satpam Menyerahkan Diri ke Polsek Jaluko

Berita

Dijadikan Tersangka Penyerobot Tanah, Pengacara Rudini Oei : Penetapan Tersangka Klien Kami, Kesewenangan Polda Jambi

Hukrim

Ahirnya Zuhdi DPO Berhasil Dilumpuhkan Tim Buser Polres Batanghari