Bupati Batanghari Melalui Sekda Muhammad Azan Melantik Indra Gunawan Selaku Pj Desa Teluk Ketapang Tak Hanya Silaturahmi, Ketua PWI Kota Jambi Periode 2023-2026 Turut Sampaikan Program Kerja saat Kunjungi Kajari Jambi Dandim 0415/Jambi Hadiri Sosialisasi PT. Pegadaian Cabang Jambi Bisa diduga Kejari Batanghari Lemah dalam Pengawasan Proyek Puskesmas Desa Tenam Kontraktor Berkinerja Buruk, BPJN Jambi Stop Pengerjaan Jalan Inpres di Tanjabtim, Ini Sangsinya

Home / Berita / TNI AD

Jumat, 9 September 2022 - 09:02 WIB

Dihadiri Danrem 042/Gapu, 71 Komcad Asal Jambi Ditetapkan Wapres RI

Publishnews.id – | JAMBI | – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono,S.IP., M.M menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin yang berlangsung di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat. Kamis (8/9/2022)


Kehadiran Brigjen TNI Supriono tersebut menjadi penyemangat ke 71 Komcad asal pengiriman Korem 042/Gapu (Jambi) yang telah ditetapkan oleh Wapres bersama 2.974 Komcad lainnya.


Komcad yang bersifat sukarela (voluntary) ini telah mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) selama 3 bulan di empat Lembaga Pendidikan TNI AD yaitu Rindam II/Swj, Rindam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn, dan Pusdik Kowad serta Kodikmar TNI AL, Pusdiklat Pasgat TNI AU dan Universitas Pertahanan.

Baca Juga...  Menyedihkan... Diduga Video Jenazah Pasien Covid-19 di Telantarkan


Sedangkan Ke 71 Komcad asal provinsi Jambi tersebut mengikuti pendidikan Latsarmil di Rindam II/Swj bersama dengan 450 Komcad lainnya asal wilayah Sumbagsel seperti Provinsi Lampung, Sumsel, Babel dan Bengkulu


Wapres RI yang didampingi Menhan RI Prabowo Subianto, Kasad, Kasal dan Kasau, dalam sambutannya mengatakan bahwa sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.


“Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa. Selain itu, komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champion diberbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan terhadap Tanah Air,” ujarnya.

Baca Juga...  Truck Pembawa Minyak Ilegal Rusak Di Jalan, Kapolres Muaro Jambi Barang Bukti Sudah Diamankan


Perlu diketahui bahwa Komcad merupakan subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat Komponen Utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan Pertahanan Militer dan Nirmiliter.


Usai pelaksanaan upacara para tamu undangan disuguhkan gelaran defile, demonstrasi dan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, serta komponen cadangan.

Otentikasi Kapenrem 042/Gapu.

Share :

Baca Juga

Berita

Dua Pelaku Pencurian Motor Dinas Desa Jati Emas Ditangkap Polisi

Batanghari

Warga Durian Luncuk Bentang Spanduk, Menolak Angkutan Batubara Melintas di Jalan AMD

Berita

Berkunjung ke Tanjabbar, Wagub Abdullah Sani Sekaligus Berikan Bantuan

Berita

Gerebek Satu Rumah dan Base Camp Narkotika, Tim Gabungan Operasi Antik Polda Jambi Temukan Alat Hisap 

Berita

Jalin Silaturahmi dan Perkuat Sinergisitas, Ketua PWI Kota Jambi dan Pengurus Sambangi Mayonif Raider 142 KJ

Berita

Meski Dibilang Semangat Diawal Melempem Di Akhir, Ivan Wirata Tegaskan Tak Kan Pakai Cara Money Politik

Batanghari

Jum’at Curhat, Kapolsek Pemayung Kasih Arahan Tentang Pentingnya Menjaga Kamtibmas Di Desa

Berita

Ditlantas Polda Jambi,TNKB Dasar Putih Tulisan Hitam Mulai Diberlakukan