Gagal Salip Truk karena Motor Oleng, Siswi SMP di Jambi Tewas Terlindas Tendangan Kick Off Dandim 0419/Tanjab, Buka Turnamen Sepak Bola Antar Instansi
Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan

Home / Batanghari / Berita / Polisi

Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:59 WIB

Ditreskrimsus Polda Jambi Kembali Memberantas Aktivitas PETI Dialiran Sungai Batanghari

Publishnews.id – | BATANGHARI | – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi tidak main-main dalam memberantas aktivitas illegal baik itu ilegal drilling, mining, dan fishing.

Kali ini Tim Tipidter Ditreskrimsus Polda Jambi Turun langsung melakukan penertiban terhadap aktivitas PETI di aliran sungai Batanghari Provinsi Jambi, Selasa (23/8/22).

Dengan menggunakan Kapal cepat Ditpolairud Polda Jambi tim menemukan puluhan Dompeng yang beraktivitas di sepanjang aliran sungai Batanghari mencari emas (PETI).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory menyebutkan bahwa ini merupakan target kita dalam melaksanakan kegiatan penertiban PETI di aliran karena selain dampaknya merusak sungai Batanghari juga terjadi longsor pada pinggiran Sungai Batanghari bahkan menyebabkan meninggal dunia akibat PETI.

Baca Juga...  Tertinggi dari Kabupaten lain, Fadhil Arief Terima Penghargaan MCP dan SPI dari KPK-RI

” Hari ini kita tertibkan dan telah kita pasang garis polisi (Police Line) pada beberapa Dompeng yang kita temukan masih beroperasi di aliran sungai Batanghari, ” ujarnya, Selasa (23/8/22).

Dirreskrimsus menjelaskan, pada saat penindakan aktivitas PETI (Dompeng) kita temukan 3 orang pelaku yang berada di dompeng namun mengetahui petugas datang maka para pelaku nyebur ke sungai Batanghari dan menyelam agar tidak diketahui keberadaan di dalam air.

” Kita panggil dan lakukan pendekatan persuasif agar mau ikut dan nantinya akan kita introgasi untuk di ambil keterangan,” lanjutnya.

Saat ini beberapa barang bukti telah kita amankan seperti selang besar sebagai penyarung, karpet penyaring hingga baskom wadah yang nantinya digunakan untuk didulang mendapatkan emas.

Baca Juga...  Masih Tingginya Kejahatan Curat di Mestong, Kapolsek Imbau Masyarakat Aktifkan Poskamling

Penindakan dan penertiban terhadap aktivitas PETI (Dompeng) di sepanjang aliran sungai Batanghari ini tidak sampai disini saja, kita akan tindak jika masih ditemukan aktivitas dompeng.

” Kedepannya akan kita turunkan Tim lebih banyak dan dompeng-dompeng yang masih beraktivitas akan kita musnahkan dengan cara kita bakar, ” sambungnya.

Alumni Akpol angkatan 1996 tersebut juga menghimbau agar jangan ada lagi masyarakat yg melakukan aktifitas illegal mining di sepanjang aliran sungai Batanghari krn akan merusak kualitas air sungai.

” Kami akan tindak tegas jika masih ada kita temukan aktivitas illegal mining di aliran sungai Batanghari, ” pungkasnya. (*)

Sumber: Benuanews.com

Share :

Baca Juga

Batanghari

Usai Terima Surat Mandat dari Pengda JMSI Jambi, Pengcab Batanghari Akan Segera di Bentuk

Berita

Resmikan Jembatan Gantung, Masnah Busro Minta Dispora Wujudkan Wisata Danau Tangkas

Batanghari

Alhamdulillah… Shalat Tarawih Berjamaah Diperbolehkan

Berita

Hello world!

Berita

BBM Naik Biaya Angkutan Umum Ikut Naik, Segini Harga Tiket Tungkal – Jambi

Batanghari

H Syukur Menceritakan Saat Fadhil Arief Jadi Toke Duku

Berita

Ini Pesan Penting Danrem 042/Gapu Saat Apel Gabungan, Parajurit Harus Tahu

Berita

Aksi Berbagi Nasi Bungkus, Cara Keluarga Besar HWSB Peduli Sesama