Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bungo Akibat PETI Masih Terjadi, Ketua Karang Taruna Angkat Bicara Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka

Home / Batanghari / Berita / Polisi

Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:59 WIB

Ditreskrimsus Polda Jambi Kembali Memberantas Aktivitas PETI Dialiran Sungai Batanghari

Publishnews.id – | BATANGHARI | – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi tidak main-main dalam memberantas aktivitas illegal baik itu ilegal drilling, mining, dan fishing.

Kali ini Tim Tipidter Ditreskrimsus Polda Jambi Turun langsung melakukan penertiban terhadap aktivitas PETI di aliran sungai Batanghari Provinsi Jambi, Selasa (23/8/22).

Dengan menggunakan Kapal cepat Ditpolairud Polda Jambi tim menemukan puluhan Dompeng yang beraktivitas di sepanjang aliran sungai Batanghari mencari emas (PETI).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory menyebutkan bahwa ini merupakan target kita dalam melaksanakan kegiatan penertiban PETI di aliran karena selain dampaknya merusak sungai Batanghari juga terjadi longsor pada pinggiran Sungai Batanghari bahkan menyebabkan meninggal dunia akibat PETI.

Baca Juga...  Strategi Hebat Cek Endra Dari Struktur Tim Pemenangan Solid Hingga Kejayaan Partai Golkar di Pemilu 2024

” Hari ini kita tertibkan dan telah kita pasang garis polisi (Police Line) pada beberapa Dompeng yang kita temukan masih beroperasi di aliran sungai Batanghari, ” ujarnya, Selasa (23/8/22).

Dirreskrimsus menjelaskan, pada saat penindakan aktivitas PETI (Dompeng) kita temukan 3 orang pelaku yang berada di dompeng namun mengetahui petugas datang maka para pelaku nyebur ke sungai Batanghari dan menyelam agar tidak diketahui keberadaan di dalam air.

” Kita panggil dan lakukan pendekatan persuasif agar mau ikut dan nantinya akan kita introgasi untuk di ambil keterangan,” lanjutnya.

Saat ini beberapa barang bukti telah kita amankan seperti selang besar sebagai penyarung, karpet penyaring hingga baskom wadah yang nantinya digunakan untuk didulang mendapatkan emas.

Baca Juga...  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Penindakan dan penertiban terhadap aktivitas PETI (Dompeng) di sepanjang aliran sungai Batanghari ini tidak sampai disini saja, kita akan tindak jika masih ditemukan aktivitas dompeng.

” Kedepannya akan kita turunkan Tim lebih banyak dan dompeng-dompeng yang masih beraktivitas akan kita musnahkan dengan cara kita bakar, ” sambungnya.

Alumni Akpol angkatan 1996 tersebut juga menghimbau agar jangan ada lagi masyarakat yg melakukan aktifitas illegal mining di sepanjang aliran sungai Batanghari krn akan merusak kualitas air sungai.

” Kami akan tindak tegas jika masih ada kita temukan aktivitas illegal mining di aliran sungai Batanghari, ” pungkasnya. (*)

Sumber: Benuanews.com

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Jambi Terima Manfaat dari Program BRI Peduli TJSL

Berita

Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Berita

Sosok Aipda Sunaryo Bhabinkamtibmas Polres Sarolangun Hibahkan Tanah Pribadinya Untuk Pembangunan Kantor Desa Pemekaran baru

Berita

Liga Santri Piala Kasad Jambi, Kirim Santri pondok Nurul Jalal Ke Tingkat Nasional

Berita

BULAN RAMADHAN, DITPOLAIRUD POLDA JAMBI BERIKAN BANTUAN KELENGKAPAN RUMAH IBADAH DAN SEMBAKO KE PANTI ASUHAN

Batanghari

Serma Petrus Melaksanakan Pendampingan Stunting Kepada Masyarakat Desa Pulau Betung

Berita

Mengingat Inflasi Tinggi Di jambi, Kapolsek Danau Teluk Bhakti Sosial Berupa Sembako ke Warga Sekitar

Batanghari

Usai Terima Surat Mandat dari Pengda JMSI Jambi, Pengcab Batanghari Akan Segera di Bentuk