Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan Kasatlantas Polres Muaro Jambi terima penghargaan Juara 3 Lomba Film Pendek Dengan Tema Tertib Lalu Lintas Penyelesaian Non ASN di Muaro Jambi, Begini Kata Pj Bupati

Home / Daerah

Selasa, 15 Maret 2022 - 19:21 WIB

Edi Purwanto: Jika Tak Ada Anggaran, Sungai Batanghari Bersih Hanya Omong Kosong

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

Publishnews.id – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan wacana Sungai Batanghari bersih yang di godok oleh Pemerintah Provinsi Jambi, harus benar-benar dianggarkan.

Setelah Edi melakukan pemeriksaan terhadap APBD Provinsi Jambi pada zaman sebelumnya, memang tidak pernah di aggarkan untuk Sungai Batanghari, dirinya dengan lantang menyebut gerakan Sungai Batanghari bersih ini jika tidak ada anggaran berarti hanya omong kosong.

” Baru kali ini kita khusus untuk Batanghari, dari jaman bengen saya buka buku APBD memang tidak ada anggaran untuk Batanghari, kalau gak ada anggaran untuk ngurus sungai Batanghari berarti cuma ngomong doang pak, saya pikir dengan komitmen bersama pencanangan Sungai Batanghari bersih tanpa pencemaran ” Beber Ketua DPRD Provinsi Jambi, Senin (14/03/2022).

Menurut Edi, ada tiga pendekatan yang harus dilakukan agar wacana Sungai terpanjang di pulau Sumatera itu bisa bersih dan berjalan dengan baik, dimana karakteristik masyarakat Provinsi Jambi menjadi salah satu hal penting untuk kelancaran dan keberlangsungan wacana tersebut.

Baca Juga...  Banggar DPRD Provinsi Jambi Sebut DUMISAKE Hanya Slogan, Belum Ada Efek ke Masyarakat

” Menurut saya ada 3 pendekatan bagaimana sungai Batanghari ini menjadi urat nadi bagi Provinsi Jambi, dengan luas provinsi dan sungai sepanjang 800 KM bagi saya ini masalah yang kompetitif, yang pertama itu budaya, adat maka melalui ini akan ada kesadaran kolektif masyarakat Provinsi Jambi untuk menjaga alam ini ” Jelasnya.

Yang kedua Edi Purwanto menyebutkan, pendekatan politik turut menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Pemerintah Desa sebagai bentuk kontrol dalam wacana Pemerintah Provinsi Jambi itu.

” Mengapa butuh pendekatan politik, ya kita butuhkan komitmen bersama tadi seperti yang bapak katakan tadi dan secara tertulis saya pikir kontrol kita akan lebih kuat ” Katanya.

Baca Juga...  Bupati Fadhil Arief Targetkan, 2024 Seluruh Masyarakat Telah Miliki Serikat Tanah

Kemudian yang terakhir menurut kaca mata Edi Purwanto adalah pendekatan hukum mengingat banyaknya aktivitas pembalakan liar dan PETI menjadi salah satu penyebab Sungai Batanghari Keruh.

” Pendekatan Hukum itu penting karena ada 3 hal yang menyebabkan keruh seperti saat ini, yang pertama pembalakan liar, yang kedua diduga pembuangan limbah ke Sungai Batanghari beberapa laporan ada, dan yang ketiga Pertambangan Emas Tanpa Izin karena kita juga belum serius mengatasi Peti ” Tutupnya.

Diketahui permasalahan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tidak hanya masalah penegakan hukum saja, namun ada permasalahan sosial dan ekonomi yang juga harus dipikirkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Share :

Baca Juga

Berita

Gubenur AL Haris dan Danrem 042/Gapu Launching Sedekah 2000 Untuk Yatim dan Piatu

Merangin

Pentingnya Herd Immunity, Kapolres Irwan Andy Minta Seluruh Elemen Bersatu

Daerah

DPW Nasdem Jambi Sah di Nahkodai Fasha, Maulana Juga Ikut Kepengurusan

Berita

Gubernur Jambi Semarakkan HUT RI Dengan Bagikan 10 Juta Bendera

Berita

Hendak Mendahului Truk Treler Mahasiswi di Jambi Tewas Tergilas

Daerah

Al Haris: RRI Lahir Karena Perjuangan

Daerah

Kapolda Jambi Pantau Arus Balik di Perbatasan

Batanghari

Program Batanghari Tangguh, Fadhil Arief:Mengisi Ruang Kosong Dari pelayanan yang Petugas-petugas