Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bungo Akibat PETI Masih Terjadi, Ketua Karang Taruna Angkat Bicara Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka

Home / Berita / Peristiwa / TNI/ POLIRI

Senin, 20 Februari 2023 - 11:17 WIB

Evakuasi Kapolda Jambi Lewat Jalur Udara, Diupayakan Paling Lambat Pukul 14.00 Wib Sore ini

PublishNews.id – JAMBI – Meski logistik sudah berhasil didrop ke lokasi dimana Kapolda Jambi bersama rombongan mendarat darurat sudah berhasil dilakukan, namun untuk melakukan evakuasi harus menunggu helikopter khusus dari Mabes Polri.


Dikatakan Asraf, Kadis Ketahanan Pangan Pemprov Jambi yang ditugasi Gubernur Jambi menjaga Posko Evakuasi di kantor Camat Batang Merangin Kerinci, bahwa heli evakuasi Kapolda khusus nantinya dari Mabes. Sebab kedua heli yang digunakan untuk evakuasi Kapolda terpaksa putar balik karena pengaruh cuaca.


“Sesuai pernyataan Pak Dandim bahwa evakuasi pak Kapolda diupayakan paling lambat pukul 14.00.wib, dan masih menunggu helikopter dari mabes, heli khusus untuk evakuasi dengan alat yang lengkap,” terangnya.
Sementara untuk logistik dan selimut sudah bisa disalurkan sudah berhasil melalui jalur udara, namun tim yang lewat jalur darat masih belum ada kabar.


“Jalur darat dipimpin Kapolres Kerinci saat ini belum bisa di hubungi,” terang Asraf.
Ditanya soal kondisi Kapolda bersama rombongan sesuai informasi dari Basarnas bahwa kondisi kapolda dalam kondisi selamat namun untuk kondisi kesehatan pasti masih belum bisa dikonfirmasi.

Baca Juga...  Wabup Abdullah Sani: Kelapa Sawit Tanaman Perkebunan Terpenting di Jambi


“Kita berharap evakuasi pak Kapolda bisa dilakukan sebelum jam 14.00 wib karena sore biasanya hujan,” kata Asraf.
Sebelumnya, tim berhasil menemukan rombongan Kapolda sekitar pukul 06.50 Wib.


‘’Alhamdulillah, update terbaru pagi ini, tim dari Polda Sumsel sudah menemukan lokasi rombongan Pak Kapolda dan sudah berhasil menurunkan logistik,’’ katanya.
Namun demikian, katanya, tim belum bisa melakukan evakuasi karena menunggu heli dari Baharkam Polri untuk kemudian sama-sama melakukan evakuasi.
Sementara itu, terkait kondisi Kapolda dan rombongan, Kabid Humas menjelaskan, semua dalam kondisi sadar.


‘’Kondisi sadar semua, tadi sudah komunikasi melalui HT. Tim kesehatan menyusul nanti diturunkan ke lokasi menggunakan helikopter yang lain,’’ katanya.
Seperti diketahui, helikopter Bell 412 SP milik Polda Jambi dengan nomor registrasi P-3001 yang ditumpangi oleh Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono bersama rombongan mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53’‘ E1010 42’ 12.63’‘ tepatnya Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.


Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab helikopter itu mendarat darurat di tengah hutan Tamiai itu. Namun demikian, dipastikan, Kapolda beserta rombongan selamat dari tragedi itu.
Satu unit helikopter bantuan evakuasi dari Polda Sumatera Selatan serta tim gabungan dari Brimob dan SAR diberangkatkan ke lokasi tempat helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi dan rombongan mendarat darurat.

Baca Juga...  Waduh Jika Tak Puas Dilayani Suami Ibu Muda Ancam bunuh Anak


Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan, helikopter ini membawa logistik atau pembekalan yang nantinya akan mendarat di dekat titik lokasi.


“Apabila nanti bisa mencapai di dekat titik lokasi, akan kita turunkan di dekat lokasi,” tuturnya.
Tak hanya helikopter dari Polda Sumatera Selatan, dari PT WKS juga menurunkan sebanyak dua unit helikopter untuk diberangkatkan ke lokasi kejadian.
Helikopter PT WKS ini membawa tim bantuan yang akan diterjunkan ke lokasi, menempuh jalur darat dan jalur udara untuk melakukan evakuasi terhadap Kapolda Jambi bersama rombongan.


“Helikopter bantuan dari PT WKS ini membawa bantuan Personel gabungan dari Brimob dan Basarnas Jambi. Kalau cuaca bagus maka bisa lewat jalur udara, namun informasi terkini di tempat kejadian sedang turun hujan,” jelas Mulia. (raf)

#sumber :jambiupdate.co

Share :

Baca Juga

Berita

Diduga Akan Edarkan Sabu, Empat Pelaku Diamankan Satresnarkoba Polresta Jambi

Berita

KeJaksa Eksekusi Terpidana Ahmad Safwi DPO Kasus Penipuan

Peristiwa

Mahasiswi FKIP Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kos-nya

Berita

Tendangan Kick Off Dandim 0419/Tanjab, Buka Turnamen Sepak Bola Antar Instansi

Berita

Ditreskrimsus Polda Jambi,3,6 Kilogram Emas Dan 56 Juta Diamankan Di Bungo Dari Pelaku Peti

Berita

Pemkab Tanjabbar Datangkan Penceramah dari Wonosobo Untuk Menggelar Tabliq Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1444 H

Berita

Aturan Baru, Mulai Mei 2023 Truk Batu Bara di Provinsi Jambi Harus Pakai Plat BH, Sanksinya Sudah Disiapkan

Batanghari

Fadhil Arief Minta Kades Profesional: Perangkat Desa Kinerjanya Tidak Bagus Ganti Aja