Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan Wacana Gubernur Bangun Jalan Khusus Pelaksana, Edi Purwanto Minta TAPD Kaji Program Dumisake Belum Jalan, Al Haris Bakal Turunkan Jabatan Kadis Gubernur Al Haris Minta Pelayanan Publik di Polda Jambi

Home / Berita Terbaru / Politik

Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:28 WIB

H. M Mahdan Pindah ke Partai Ka’bah, Begini Menurut Pengamatan Politik

Mahdan dan Bupati Fadhil Arief dalam acara rapat pleno penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang digelar KPU Kabupaten Batanghari, Jum’at (22/01/2021

Mahdan dan Bupati Fadhil Arief dalam acara rapat pleno penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang digelar KPU Kabupaten Batanghari, Jum’at (22/01/2021

PublishNews.id – Berpindahnya mantan Ketua DPRD Batanghari H Muhammad Mahdan, S.Kom ke Partai Persatuan Pembangunan menjadi sorotan publik, terutama bagi pengamat politik.

Menurut Dr Arfai Sanifa, SH, MH yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Jambi ini, bergabungnya H M Mahdan kepengurusan PPP saat ini tidak terlalu berdampak positif bagi kepemimpinan Muhammad Fadhil Arief

“Saya menilai, dengan bergabungnya politisi yang ada saat ini ke partai-nya Bupati , tidak memberikan manfaat politik apapun untuk Bupati. Sebab jika dinilai kepentingan politik Bupati pada dasarnya adalah bagaimana menguatkan dukungan dari legislatif/DPRD Batanghari,” kata Arfa’i.

Arfai juga menuturkan, jika priotitas utama Bupati Batanghari saat ini adalah percepatan pembangunan, maka langkah ideal adalah merangkul kekuatan politik di parlemen.

“Nah, akan lebih menarik jika partai yang bukan pengusung bupati kemarin, saat ini menyatakan merapat ke bupati. Kalau ini tentu berfaedah buat bupati dalam mengamankan visi misi dan keinginannya ketika bicara program dan anggaran di DPRD Batanghari,” sebutnya .

Baca Juga...  Kapolda Jambi Jenguk Kondisi AKP Johan Silaen di RS Bhayangkara

Lebih jauh Ia mengatakan, bergabungnya rival politik pada pilkada 2020 lalu, semata-mata untuk persiapan menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

“Pindahnya rival politik ke partai pupati terpilih merupakan strategi untuk pertarungan 2024,” katanya lagi.

Katanya, adalah hal yang wajar jika saat ini partai yang dinakhodai Muhammad Fadhil Arif dilirik banyak pihak. Meski demikian menurut Arfa’i, tidak ada jaminan jika PPP akan mendulang banyak suara di Pilkada nanti.

“Ada harapan dengan bergabung ke partai penguasa, maka akan mudah mendapatkan suara dalam pencalonan diri nantinya. Hal ini secara teoritik bisa saja terjadi. Namun secara aktual belum bisa dinilai karena dinamika politik terus berkembang seiring dengan munculnya kekuatan politik baru dari politisi lain yang ikut dalam pertarungan 2024,” bebernya.

Baca Juga...  Viral di Media, Al Haris Jenguk Anak Korban Bacokan

Lebih lanjut Arfai mengatakan, 2024 menjadi tahun spekulasi bagi politisi, dan membutuhkan peetimbangan sangat cermat.

“Mereka harus punya pertimbangan mendalam, apakah ikut calon DPRD Kabupaten, provinsi, pusat, atau ikut Calon pilkada. Sebab 2024 kedua pemilihan tersebut serentak dalam satu tahun walaupun dengan jadwal pencoblosan yang berbeda.” Katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya H M Mahdan yang pernah jadi Ketua DPRD Batanghari periode 2014 – 2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dan pada Pemilu 2019 , M Mahdan kembali terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Marosebo Ulu – Mersam dari PAN.

Namun pada tahun 2020 Mahdan mengundurkan diri dari anggota DPRD Batanghari, karena ikut di ajang Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Batanghari sebgai Calon Wakil Bupati Batanghari berpasangan dengan Calon Bupati Batanghari, Hj Yuninnta Asmara, SH dengan nomor urut satu. Namun Yuninnta – Mahdan kalah dengan Fadhil-Bakhtiar.

Share :

Baca Juga

Politik

Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Menurun, Parpol Koalisi Pemerintah Dinilai Sudah Tak Akur

Berita Terbaru

INTERESTING WAYS TO STUDY CLIMATE CHANGE

Politik

Sebut Risma Sakit Jiwa, Elite PD: Caci Maki Tak Akan Membentuk Good Governance!

Berita Terbaru

Gaya Asyik Mas Menteri Nadiem Foto Bareng Anak-Anak Orang Rimba

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Targetkan, 2024 Seluruh Masyarakat Telah Miliki Serikat Tanah

Nasional

Pandemi, Legislator Daerah Ini Anggarkan Beli Baju Hampir Rp1 Miliar

Politik

Bela Anies Baswedan, Demokrat Sebut PSI Partai Lokal, Cuma Ngurusin Ibukota Saja

Berita Terbaru

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays