Jumat Curhat, Personel Polsek Dan Camat Pemayung Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Kubu Kandang Reserse Narkoba Polres Tanjab Barat Berhasil Amankan Pasangan Suami Istri Kasus Sabu ½ kg FLAME FEST THE BIGGEST MUSIC FESTIVAL ON TOUR 2023’
AKAN GUNCANG KOTA JAMBI
Nelayan di Kuala Tungkal Tewas Saat Melaut Diduga Dibelit AS Mesin Kapal 2 ABG Putri Diperkosa 13 Remaja Sontoloyo, Pertama di Pondok & Rumah Tersangka

Home / Daerah

Rabu, 5 Januari 2022 - 15:15 WIB

HUT Provinsi Jambi, Al Haris Buka Lomba Melukis Tingkat SD

Al Haris buka lomba melukis tingkat SD

Al Haris buka lomba melukis tingkat SD

Publishnews.idLomba lukis Sungai Batanghari merupakan salah satu momentum untuk memperkenalkan dan menanamkan rasa kepedulian terhadap sungai kebanggaan masyarakat Jambi kepada para generasi muda Jambi.

Hal tersebut dikatakan Al Haris saat meresmikan secara langsung Lomba Lukis Sungai Batanghari, yang berlangsung di kawasan Pasar Angso Duo, Rabu (05/01/2022). Pihak penyelenggara lomba lukis ini adalah Yayasan Sahabat Sungai Batanghari yang didirikan oleh Drs.H.Hasan Basri Agus,M.M., dan diketuai oleh Pinto Jaya Negara Abidin.

“Saya mengharapkan, ajang lomba ini dapat menunjukkan kreativitas dan melatih ketekunan anak-anak serta menanamkan rasa kepedulian generasi muda terhadap sungai kebanggaan masyarakat Jambi. Tak hanya sebagai ikon wisata, namun yang paling penting adalah sungai merupakan pemberi kehidupan yang sangat berperan dalam kehidupan dan keberlanjutan makhluk hidup di bumi,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, Sungai Batanghari merupakan sungai kebanggaan masyarakat Jambi yang mengalir sepanjang lebih kurang 800 Kilometer dan melalui wilayah Provinsi Jambi berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala menuju ke Laut Cina Selatan.

Baca Juga...  Sambut Hari Raya Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Bersih Klenteng

“Sungai Batanghari menjadi saksi bisu kejayaan peradaban masa lalu kerajaan Melayu dan merupakan Daerah Aliran Sungai terbesar kedua di Indonesia yang mencakup 4 (empat) Provinsi, yaitu sebagian besar wilayah Provinsi Jambi, sebagian lain wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Riau, tutur Al Haris.

Lanjut Wo Haris sapaan akrab GubernurJambi itu, Sungai Batanghari merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat Jambi, sehingga seluruh masyarakat Jambi wajib menjaga dan melestarikan Sungai Batanghari serta menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat.

“Kepedulian kita semua akan menjadi penentu masa depan Sungai Batanghari agar tetap berfungsi secara sosial, budaya, dan ekonomi. Menjaga dan melestarikan Sungai Batanghari bisa dimulai dari hal-hal sederhana, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, salah satu cara yang paling sederhana menjaga sungai agar tetap bersih adalah tidak membuang sampah ke dalam sungai,” beber Al Haris.

Baca Juga...  Jumat Berkah Dimulai, Fadhil Arief: Sarana Masyarakat Menyampaikan Aspirasi

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Jambi untuk senantiasa menjaga Sungai Batanghari dengan tidak membuang sampah ke dalam sungai, karena itu merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga kualitas air sungai agar tetap bersih sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi air sungai, serta menjaga kelangsungan kehidupan habitat yang ada.

Ketua Pelaksana Lomba, Sigit Eko, melaporkan peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 200 siswa dari Sekolah Dasar (SD) se Provinsi Jambi dengan tujuan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi serta memberikan edukasi kepada generasi muda untuk memiliki rasa kepedulian dalam melestarikan Sungai Batanghari.

Share :

Baca Juga

Berita

Sepak Bola Di Tebo Berakhir Ricuh Sesama Suporter, Satu Suporter Tewas

Berita

7 Tujuh Anggota Genk Motor Di Tangkap Satreskrim Polresta Jambi

Daerah

Sambut Hari Raya Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Bersih Klenteng

Daerah

Kisah Desta Paskibraka Jambi Sebelum Meninggal

Daerah

Bidhumas Polda Jambi Gelar Vaksinasi Untuk Kawula Muda, Seni

Batanghari

Silaturahmi ke Pematang Gadung Mersam, HBA Janji Bantu Rumah Bedah Jika…

Daerah

Gubernur Al Haris Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kelenteng Agung Da Cheng Dian

Berita

DiTabrak Pajero Dari Belakang, Mobil Mahasiswi Kandas Pagar Beton