Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan Kasatlantas Polres Muaro Jambi terima penghargaan Juara 3 Lomba Film Pendek Dengan Tema Tertib Lalu Lintas Penyelesaian Non ASN di Muaro Jambi, Begini Kata Pj Bupati

Home / Peristiwa

Kamis, 7 Oktober 2021 - 13:39 WIB

Insiden Truk Batubara di Bakar, Polda Jambi Tertibkan Jam Lewat

Truk batubara yang di bakar warga

Truk batubara yang di bakar warga

Kabarjambikito.com – Dalam beberapa hari ini permasalahan truk batubara jadi sorotan masyarakat di Provinsi Jambi. Sehingga sampai ada video truk batubara yang di bakar oleh warga di posting di Instagram @kabarjambikito_ mendapat beragam komentar oleh nitezen.

Menanggapi kejadian tersebut, Kepolisian Daerah Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait insiden mobil truk batubara yang di bakar beberapa hari lalu di Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi.

Dalam Rakor tersebut dihadiri masing-masing perwakilan instalasi terkait yaitu Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Sigit Dany Setiyono, Wadirsus AKBP Moh Santoso, Wadir Lantas AKBP Moh Lutfi, Dinas Perhubungan Kota Jambi, Balai Kemenhub, Kadis ESDM dan AKBP Saharudin Intelkam Polda Jambi.

Hasil rapat koordinasi tersebut menindaklanjuti kejadian mobil truk batu bara yang di bakar oleh masyarakat tidak terjadi kembali.

Baca Juga...  Gubernur Al Haris Harap PAN Perkuat Pembangunan Jambi

Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany menyebutkan, bersama instansi terkait kedepannya masyarakat tidak boleh main hakim sendiri untuk mengantisipasi hal tersebut.

” Jangan main hakim sendiri, apalagi membakar mobil,” ujarnya.

Lanjutnya, Rapat Koordinasi untuk pemecahan masalah dengan mencari solusi, terkait lalulintas jalan mobil batubara, yang mana terkadang masih ada sopir truk batubara yang masih membandel dengan tidak ikut aturan yang telah ditentukan.

Dir Lantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo yang dihadiri Wadir Lantas Kombes Pol Moh Lutfi menyampaikan, kita dari Ditlantas Polda Jambi, akan berkoordinasi dengan masing-masing Kasat Lantas Polres jajaran untuk segera melakukan koordinasi bersama instansi terkait di daerah.

Baca Juga...  Bahagia Itu Sederhana, Seperti Yang Dilakukan Ibu-ibu Ini

” Masing-masing Dinas akan meningkatkan operasi penegakan hukum terhadap alulintas batubara,” ujarnya.

Intinya terkait izin dan rute, rambu-rambu lalulintas akan kita tertibkan sehingga semua sesuai prosedur.

Sementara itu, dari Kementrian Perhubungan akan menerbitkan UU ODOL (Over Dimensi dan Over Loading) yaitu mobil yang melebihi tonase dalam pengangkutan batubara dengan menerbitkan peraturan melebihi tonase.

” Diharapkan para sopir mematuhi aturan jam jalan lewat batu bara,” ujarnya.

Kedepan tanggal 13 akan diundang pelaku usaha pertambangan, kontraktor, transportir dengan melakukan Rakor yang bertempat di Kantor Gubernur Jambi dengan mengundang ESDM Pusat, untuk solusi agar mengurangi kegiatan sehingga sopir yang kejar target tidak kebut-kebutan. ***

Share :

Baca Juga

Berita

Pemuda Muaro Jambi Kec. Sekernan Di duga Jadi Korban Begal, Tangan Kena Bacok, Hp pun Raib

Peristiwa

Tuntut Janji Al Haris, KAMMI Gelar Aksi Demonstrasi di Kantor Gubernur

Kota Jambi

Nakes RSU Raden Mattaher Belum Terima Insentif, Gubernur Al Haris: Pokoknyo Duo Hari Harus Cair

Peristiwa

Ahirnya Harimau Terkam Warga Merangin Berhasil Ditangkap

Peristiwa

Viral Video Pasangan Gancet Menangis Minta Tolong, Ustadz Sampai Turun Tangan

Daerah

Didampingi Al Haris, Mentan Syahrul Usir Wartawan Hendak Liputan

Peristiwa

Tersengat Aliran Listrik, Warga Kota Jambi Meninggal Dunia

Peristiwa

Listik PLN Mati, Warga Nonton Final AFF Suzuki di Handphone