Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Infrastruktur

Minggu, 28 November 2021 - 17:34 WIB

Jalur Batubara Tempino-Bajubang Belum Layak, Kapolda: Tapi Gak Ada Pilihan

Publishnews.id – Kapolda bersama Dirlantas dan Dirreskrimsus meninjau jalur angkutan batubara ruas Tempino – Bajubang.

Dalam peninjauan Kapolda menilai banyak kemajuan dari kondisi awal dimana banyak jalan berlubang dan bergelombang yang rawan menyebabkan kendaraan angkutan barang patah as, terguling, maupun potensi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolda mengapresiasi Dinas PUPR Prov Jambi yang konsisten bekerja bahkan pada hari Minggu.

2 truk penangkut material sempat terlihat masih bekerja dan beberapa alat berat meratakan jalan. Memang masih terlihat adanya kendaraan angkutan barang dengan bobot lebih dari 11,5 Ton yang diperbolehkan melewati jalan dengan kelas III ini. Akibatnya, pada jalur ini masih ditemukan beberapa titik jalan berlubang, bergelombang dan bersebu padahal sudah dilakukan penutupan.

Baca Juga...  End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Meskipun demikian, Kapolda menekankan kepada Dinas PUPR yang sedang melaksanakan perbaikan untuk lebih fokus dan kreatif sehingga perbaikan dapat lebih cepat.

Terlihat material telah dihampar, dipadatkan, namun belum difinalisasi dengan pengaspalan. Seyogyanya Pemprov lebih memprioritaskan jalur ini karena fungsinya yang penting dan mendesak.

Selain itu, percepatan perbaikan diharapkan dapat memitigasi dampak yang dirasakn oleh masyarakat sepanjang jalur Bajubang – Tempino seperti kemacetan, debu dan potensi kecelakaan.

Di sisi lain, Kapolda menilai perlunya penambahan fasilitas tempat istirahat bagi para awak angkutan barang yang dapat berfungsi sebagai tempat parkir sehingga tidak mengganggu kapasitas dan kelancaran lalu lintas, selain juga mendorong pergerakan ekonomi masyarakat lokal dengan munculnya warung makan.

Baca Juga...  Perkuat Peran Bapemperda, DPRD Provinsi Jambi Gelar FGD

“Dengan telah berfungsinya jalur ini dengan lebih baik dalam mendukung alur distribusi batubara dan komoditas alam lain di Provinsi Jambi, diharapkan kesadaran dan dukungan pihak pengusaha pertambangan dan perkebunan serta transportir untuk disiplin menerapkan bobot muatan 8 Ton sesuai aturan,” kata Kapolda.

Dengan demikian, jalur Bajubang Tempino dapat terjaga kondisinya sambil menunggu kesiapan jalan khusus batubara di Provinsi Jambi yang diharapkan dapat dimulai tahun 2022 dan operasional tahun 2023

Share :

Baca Juga

Batanghari

Dipercepat Pengerukan Sungai, Al Haris: Nanti Untuk Pelabuhan Batubara

Infrastruktur

End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Infrastruktur

Automated Containers Make Organic Urban Farming Feasible

Berita

Perkuat Peran Bapemperda, DPRD Provinsi Jambi Gelar FGD

Infrastruktur

Percepatan Pembangunan, Al Haris Sebut PU Motor Dalam Pembangunan

Daerah

Ketemu Menteri PUPR, Al Haris: Semoga Bisa Percepat Pembangunan

Energi

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Infrastruktur

Warga Lewati Jalan Berlumpur, Kemana Pemkab Merangin?