Gagal Salip Truk karena Motor Oleng, Siswi SMP di Jambi Tewas Terlindas Tendangan Kick Off Dandim 0419/Tanjab, Buka Turnamen Sepak Bola Antar Instansi
Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan

Home / Berita / Ekonomi / korem Gapu 042 / Provinsi Jambi

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:55 WIB

Kendalikan Inflasi Pangan di Provinsi Jambi, Korem 042/Gapu Tanam Perdana 10.000 Bibit Cabai Merah

Publishnews.id – | JAMBI |- Dalam rangka pengendalian inflasi pangan Provinsi Jambi, Korem 042/Gapu melaksanakan Tanam Perdana 10.000 bibit Cabai, bertempat di Lahan Kelompok Tani Tunas Jaya Kota Jambi, Jl. Abdul Laman, Kelurahan Paal Lima Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (30/08/2022).

Tanam Perdana tersebut dihadiri oleh Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., bersama Sekda Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan BI Prov. Jambi, Dandim 0415/Jambi, Para Kasi Korem 042/Gapu, PLT Kadis Tanaman Pangan dan Kadis Perindag Kota Jambi dan PPL serta anggota kelompok tani.

Demikian disampaikan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada Ibu Suti Masniari Nasution selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dan semua pihak yang telah berkenan hadir dengan kegiatan Tanam Perdana 10.000 Bibit Cabai Merah dalam rangka pengendalian inflasi pangan Provinsi Jambi

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi secara merata”, kata Danrem.

Sebagaimana kita ketahui bersama gerakan ini merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2022.

Dimana Presiden memberikan 5 (lima) arahan dalam menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketahanan pangan, sehingga mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

Arahan pertama yaitu memperkuat identifikasi sumber tekanan inflasi di daerah dengan memanfaatkan data makro dan mikro serta data detail; Kedua, memperluas kerja sama antardaerah (KAD) guna mengurangi disparitas pasokan dan harga antarwilayah. TPIP dan TPID perlu mengidentifikasi wilayah surplus dan defisit serta menjadi fasilitator untuk mendorong kerja sama antardaerah dalam pengendalian inflasi.

Lalu yang ketiga, menurunkan biaya transportasi dengan memanfaatkan fasilitasi distribusi perdagangan antardaerah; Keempat, mengoptimalkan penggunaan anggaran belanja tidak terduga untuk mendukung upaya pengendalian inflasi daerah; Kelima, mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Presiden juga menyampaikan bahwa angka inflasi Provinsi Jambi saat ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, pada hari ini kita laksanakan kegiatan Tanam Perdana 10.000 Bibit Cabai Merah yang merupakan bantuan dari Bank Indonesia.

Ini juga sebagai wujud sinergi antara Korem 042/Gapu bersama Bank Indonesia dan seluruh stakeholder terkait dalam mendorong akselerasi ketahanan pangan, sekaligus sebagai tindak lanjut mengoptimalkan pengendalian inflasi dan mendorong produksi pangan di wilayah Provinsi Jambi, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jambi, Ny. Suti Masniari Nasution mengatakan, pada kegiatan launching Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 22 Agustus 2022 lalu, terdapat tema Sinergi Memperkuat Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan di Provinsi Jambi dengan 3 fokus utama yaitu upaya peningkatan produksi pangan, perluasan kerjasama antar daerah, dan stabilisasi harga pangan.

Adapun penyerahan dan penanaman perdana 10.000 bibit cabai merah hari ini bertujuan untuk mendukung gerakan nasional pengendalian inflasi ketahanan pangan.

“Pengendalian ini terus menerus kita lakukan di daerah bersama stakeholder secara bersama – sama untuk menciptakan kestabilan harga khususnya pangan di Provinsi Jambi”, katanya.

Lebih lanjut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jambi, Ny. Suti Masniari Nasution menjelaskan bahwa Inflasi Jambi dan Bungo adalah tertinggi di Indonesia untuk bulan Juli tahun 2022, salah satu komoditas yang menyumbang inflasi itu provinsi Jambi khususnya adalah cabai merah, namun untuk komoditas lainnya kita juga perhatikan.

Jadi upaya kita dalam penguatan disegi pangan saya tidak bisa melakukannya sendirian, kita harus bersinergi, berkolaborasi dan menguatkan koordinasi kita demi satu tujuan yakni supaya inflasi pangan ini bisa terkendali, tandasnya.

Sekda Prov Jambi H. Sudirman,SH,MH., mewakili Gubernur Jambi menyampaikan Terimakasih yang setinggi – tingginya kepada Bank Indonesia dan Korem 042/Gapu yang telah bekerja sama dalam melaksanakan gerakan nasional pengendalian inflasi ketahanan pangan di Provinsi Jambi.

“Harapan saya apa yang kita lakukan hari ini bisa memberikan manfaat yang besar paling tidak bisa menekan laju inflasi khususnya dari komoditas cabai merah dan lainnya,” harap Sekda.

Diakhir acara Danrem 042/Gapu menerima secara simbolis Hibah Mobil dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia.

Otentikasi : Penrem 042/Gapu

Baca Juga...  Sah, Pemerintah Naik Kan BBM Siang ini, Harga Terbaru Pertalite dan solar

Share :

Baca Juga

Berita

Pemkab Muaro Jambi Terima Penghargaan Peduli Kekayaan Intelektual

Berita

Gubernur Al Haris Gelar Audiensi Bersama Aliansi Gerakan Buruh Jambi

Berita

Danrem 042/Gapu dan Kapolda Jambi Ikut Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

Berita

Pemuda Muaro Jambi Kec. Sekernan Di duga Jadi Korban Begal, Tangan Kena Bacok, Hp pun Raib

Berita

Forum Pecinta Perahu Tradisional Jambi Resmi Terbentuk

Berita

Tiba di Jambi Elan Suherlan Kajati Jambi Baru disambut Forkopimda

Berita

Densus 88 Geledah Salah Satu Rumah Warga di Perumahan Argenta Sungai Gelam

Berita

Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Tanjabbar Terjunkan 265 Personel