Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi Menangkan Gugatan Praperadilan Yang Dilayangkan Dua Tersangka Sabu 7,3 Kg Akan Diseludupkan Dari Malaysia ke Jambi, Kurir Tertangkap di Karimuan Masjid As-Syarif Kodim 0419/Tanjab Diresmikan, Bupati Tanjabtim : Semoga Memberi Manfaat Bagi Masyarakat Jumat Curhat, Personel Polsek Dan Camat Pemayung Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Kubu Kandang Reserse Narkoba Polres Tanjab Barat Berhasil Amankan Pasangan Suami Istri Kasus Sabu ½ kg

Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Kota Jambi

Selasa, 2 Agustus 2022 - 20:10 WIB

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Publishnews.id- JAMBI- Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan lakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Selasa (2/8/2022).

Dalam kunjungan kerjanya itu Zulkifli Hasan langsung mengunjungi Pasar Induk Angso Duo Jambi, untuk melakukan pemantauan Harga Bahan Pokok.

Ia pun menyambangi beberapa kios pedagang sembari memantau harga yang ada di Pasar Angso Duo, seperti kios pedagang cabe, bawang, Ayam Potong, dan ia juga sempat membeli sekaligus memantau harga minyak goreng di salah satu kios.

Disela waktu kunjungannya di Pasar Angso Duo Baru, Mendag yang melakukan konferensi Pers bersama awak media, juga berbicara perihal Harga TBS Kelapa Sawit.

Ia mengungkapkan bahwa Pemrintah tidak lagi memungut Pajak TBS Kelapa Sawit, sehingga seharusnya dapat mendongkrak Harga Beli Pengusaha kepada Petani.

“Kemarin udah saya tanda tangan pajaknya itu, kemarin biaya keluarnya 288, sekarang hanya 50 Dollar lebih, artinya Rp.640, sehingga Rp1.800 tambah Rp.640, harusnya sekarang harga TBS Rp. 2.440,” papar Zulhas.

Baca Juga...  Pinjaman Disetujui oleh Bank, Fadhil Arief: Semoga Cukup Untuk Pembiayaan Pembangunan

Selanjutnya, Ia menghimbau kepada perwakilan Petani Sawit yang ikut hadir, agar minggu depan minta harga di atas Rp.2000, karena Ia mengungkapkan bahwa aturan tersebut sedang diundangkan.

“Jadi minggu depan, hari ini masih diundangkan, Mudah – mudahan sudah selesai, minggu depan minta harga harus diatas Rp.2000, kalau enggak boleh protes,” ujarnya.

Mendag, Zulhas juga menyampaikan hal yang sama pada Gubernur Jambi di sampingnya, agar membeli TBS Kelapa Sawit harus diatas Rp.2000.

“Kalau nggak (Rp.2000, red), gak usah jual, komplain! Karena itu dari Pemerintah, Pemerintah tidak memungut lagi 200 dollar, 288 sudah dikurangi 230 dollar, cuma 50 dollar saja,” jelas Mendag Zulhas.

Baca Juga...  134 Desa di Tanjab Barat Sudah Miliki Da’i Desa

“Jadi ada 430 dollar, artinya kalau 400 perkilonya itu kena 4 x 1500 = 6000, Enam ribu kan diambil seperlima dari TBS itu, artinya 1200, jadi kalau harganya dulu harga TBS Rp.1200, sekarang tambah dari pajak itu Rp.1200, jadi Rp.2400, minta harga Rp.2400,” ujar Mendag Zulhas.

Perihal keluhan akan kepatuhan pengusaha akan aturan tersebut, Mendag tegaskan agar melaporkan hal tersebut.

“Tapi saya percaya akan patuh,” yakinnya.

“Karena kalau nanti tidak patuh, susah lagi seperti dulu, pengusaha susah, petani susah, rakyat susah, kan kita gak mau!” tambahnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan berusaha satu hingga dua minggu kedepan, harga TBS Kelapa Sawit akan menjadi diatas Rp.2000.(Pas)

Share :

Baca Juga

Berita

Dandim 0419/ Tanjab Resmikan Gedung Madrasah, Kades Papauh : Terimakasih atas Perhatian Pak Dandim

Berita

Polda Jambi Gelar Acara Binrohtal, Kapolda Rusdi Hartono Ajak Personel Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Batanghari

Terkait Pelantikan Eselon II, Pemkab Batanghari Telah Lapor Hasil Job Fit ke KASN

Berita

Kembali Terjadi Korban Perampokan di Merangin Korban Alami Luka Bacok

Berita

Agen Pelayaran PT AMN Diminta Segera Perbaiki Dermaga Penyeberangan di Sungai Landak

Berita

Puluhan Petugas Lapas Kuala Tungkal dan WBP di Tes Urine

Berita

Ini Kata Sekda Sudirman Mengenai Pembangunan Jalan Khusus Batu Bara Terkendala Pembebasan Lahan di 2 Desa,

Berita

Gaya Asyik Mas Menteri Nadiem Foto Bareng Anak-Anak Orang Rimba