Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Bungo Akibat PETI Masih Terjadi, Ketua Karang Taruna Angkat Bicara Masyarakat Sebut Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Sudah Lebih Baik Tindakan Tegas Ditpolairud Polda Jambi, Lakukan Penyelidikan Hingga Tetapkan Tersangka BPJN Jambi Sebut Jembatan Ditabrak Tongkang Batubara Aman Dilalui dan Minta PPTB Lakukan Perbaikan

Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Kota Jambi

Selasa, 2 Agustus 2022 - 20:10 WIB

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Publishnews.id- JAMBI- Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan lakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Selasa (2/8/2022).

Dalam kunjungan kerjanya itu Zulkifli Hasan langsung mengunjungi Pasar Induk Angso Duo Jambi, untuk melakukan pemantauan Harga Bahan Pokok.

Ia pun menyambangi beberapa kios pedagang sembari memantau harga yang ada di Pasar Angso Duo, seperti kios pedagang cabe, bawang, Ayam Potong, dan ia juga sempat membeli sekaligus memantau harga minyak goreng di salah satu kios.

Disela waktu kunjungannya di Pasar Angso Duo Baru, Mendag yang melakukan konferensi Pers bersama awak media, juga berbicara perihal Harga TBS Kelapa Sawit.

Ia mengungkapkan bahwa Pemrintah tidak lagi memungut Pajak TBS Kelapa Sawit, sehingga seharusnya dapat mendongkrak Harga Beli Pengusaha kepada Petani.

“Kemarin udah saya tanda tangan pajaknya itu, kemarin biaya keluarnya 288, sekarang hanya 50 Dollar lebih, artinya Rp.640, sehingga Rp1.800 tambah Rp.640, harusnya sekarang harga TBS Rp. 2.440,” papar Zulhas.

Baca Juga...  Ishak Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Tanjab Barat

Selanjutnya, Ia menghimbau kepada perwakilan Petani Sawit yang ikut hadir, agar minggu depan minta harga di atas Rp.2000, karena Ia mengungkapkan bahwa aturan tersebut sedang diundangkan.

“Jadi minggu depan, hari ini masih diundangkan, Mudah – mudahan sudah selesai, minggu depan minta harga harus diatas Rp.2000, kalau enggak boleh protes,” ujarnya.

Mendag, Zulhas juga menyampaikan hal yang sama pada Gubernur Jambi di sampingnya, agar membeli TBS Kelapa Sawit harus diatas Rp.2000.

“Kalau nggak (Rp.2000, red), gak usah jual, komplain! Karena itu dari Pemerintah, Pemerintah tidak memungut lagi 200 dollar, 288 sudah dikurangi 230 dollar, cuma 50 dollar saja,” jelas Mendag Zulhas.

Baca Juga...  Agar Bisa Profesional dan Tidak Ada Kesenjangan, Ketum Amsindo: Menpora Selanjutnya Jangan terafiliasi partai politik

“Jadi ada 430 dollar, artinya kalau 400 perkilonya itu kena 4 x 1500 = 6000, Enam ribu kan diambil seperlima dari TBS itu, artinya 1200, jadi kalau harganya dulu harga TBS Rp.1200, sekarang tambah dari pajak itu Rp.1200, jadi Rp.2400, minta harga Rp.2400,” ujar Mendag Zulhas.

Perihal keluhan akan kepatuhan pengusaha akan aturan tersebut, Mendag tegaskan agar melaporkan hal tersebut.

“Tapi saya percaya akan patuh,” yakinnya.

“Karena kalau nanti tidak patuh, susah lagi seperti dulu, pengusaha susah, petani susah, rakyat susah, kan kita gak mau!” tambahnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan berusaha satu hingga dua minggu kedepan, harga TBS Kelapa Sawit akan menjadi diatas Rp.2000.(Pas)

Share :

Baca Juga

Berita

2 Pelaku Curamor Milik Karyawan Freshwel Dibekuk Polisi

Berita

5 Tips for Balancing A Career and Caregiving

Berita

Kapolres Merangin Musnahkan Ratusan Botol Miras Hasil Tangkapan Sepanjang Tahun 2022

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Hadiri Gebyar Hari Anak Nasional 2022

Daerah

Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan

Berita

Kapolres Tanjabbar dan Jajaran Do’a Bersama serta Himpun Donasi untuk Korban Gempa di Cianjur

Berita

Pemuda Muaro Jambi Kec. Sekernan Di duga Jadi Korban Begal, Tangan Kena Bacok, Hp pun Raib

Daerah

Program DUMISAKE, Waka DPRD Provinsi Jambi Minta Segera di Realisaisi