Gagal Salip Truk karena Motor Oleng, Siswi SMP di Jambi Tewas Terlindas Tendangan Kick Off Dandim 0419/Tanjab, Buka Turnamen Sepak Bola Antar Instansi
Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan

Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Kota Jambi

Selasa, 2 Agustus 2022 - 20:10 WIB

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Publishnews.id- JAMBI- Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan lakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Selasa (2/8/2022).

Dalam kunjungan kerjanya itu Zulkifli Hasan langsung mengunjungi Pasar Induk Angso Duo Jambi, untuk melakukan pemantauan Harga Bahan Pokok.

Ia pun menyambangi beberapa kios pedagang sembari memantau harga yang ada di Pasar Angso Duo, seperti kios pedagang cabe, bawang, Ayam Potong, dan ia juga sempat membeli sekaligus memantau harga minyak goreng di salah satu kios.

Disela waktu kunjungannya di Pasar Angso Duo Baru, Mendag yang melakukan konferensi Pers bersama awak media, juga berbicara perihal Harga TBS Kelapa Sawit.

Ia mengungkapkan bahwa Pemrintah tidak lagi memungut Pajak TBS Kelapa Sawit, sehingga seharusnya dapat mendongkrak Harga Beli Pengusaha kepada Petani.

“Kemarin udah saya tanda tangan pajaknya itu, kemarin biaya keluarnya 288, sekarang hanya 50 Dollar lebih, artinya Rp.640, sehingga Rp1.800 tambah Rp.640, harusnya sekarang harga TBS Rp. 2.440,” papar Zulhas.

Baca Juga...  Bupati Batanghari Lantik 34 Pj Kades 8 kecamatan SeBatanghari

Selanjutnya, Ia menghimbau kepada perwakilan Petani Sawit yang ikut hadir, agar minggu depan minta harga di atas Rp.2000, karena Ia mengungkapkan bahwa aturan tersebut sedang diundangkan.

“Jadi minggu depan, hari ini masih diundangkan, Mudah – mudahan sudah selesai, minggu depan minta harga harus diatas Rp.2000, kalau enggak boleh protes,” ujarnya.

Mendag, Zulhas juga menyampaikan hal yang sama pada Gubernur Jambi di sampingnya, agar membeli TBS Kelapa Sawit harus diatas Rp.2000.

“Kalau nggak (Rp.2000, red), gak usah jual, komplain! Karena itu dari Pemerintah, Pemerintah tidak memungut lagi 200 dollar, 288 sudah dikurangi 230 dollar, cuma 50 dollar saja,” jelas Mendag Zulhas.

Baca Juga...  Tiba Di Jambi, Pangdam II/Sriwijaya disambut Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda

“Jadi ada 430 dollar, artinya kalau 400 perkilonya itu kena 4 x 1500 = 6000, Enam ribu kan diambil seperlima dari TBS itu, artinya 1200, jadi kalau harganya dulu harga TBS Rp.1200, sekarang tambah dari pajak itu Rp.1200, jadi Rp.2400, minta harga Rp.2400,” ujar Mendag Zulhas.

Perihal keluhan akan kepatuhan pengusaha akan aturan tersebut, Mendag tegaskan agar melaporkan hal tersebut.

“Tapi saya percaya akan patuh,” yakinnya.

“Karena kalau nanti tidak patuh, susah lagi seperti dulu, pengusaha susah, petani susah, rakyat susah, kan kita gak mau!” tambahnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan berusaha satu hingga dua minggu kedepan, harga TBS Kelapa Sawit akan menjadi diatas Rp.2000.(Pas)

Share :

Baca Juga

Berita

Kamaruddin Simanjuntak Tiba DiJambi mintak 5 Surat Kuasa ke Keluarga Brigadir Yosua

Berita

Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Tanjabbar Terjunkan 265 Personel

Berita

Polda Jambi Berserta Polres Bungo Berhasil Bekuk 2 Pencuri Uang Nasabah Bank

Berita

Satgas Ops Res III Jaran Siginjai 2022 Polres Muaro Jambi Ringkus Pelaku Curanmor di Merangin

Berita

Polsek Jaluko Silaturahmi dan Bagikan Sembako pada Mahasiswa UNJA Asal Papua

Daerah

Wagub Jambi: ASN Harus Tingkat Pelayanan publik

Berita

Al Haris: Kondisi Pendemi Butuh Tim Solid Kendalikan Covid-19

Daerah

Pemrov Jambi Usulkan Program Insfrastruktur ke Pusat Untuk Jadi Proyek Strategis Nasional 2023