Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / Provinsi Jambi

Rabu, 1 Maret 2023 - 20:58 WIB

Naahhh Tau Dak Kamu : Gubernur Jambi Al Haris Stop Aktivitas Truk Batu Bara di Jambi

PublishNews.id – JAMBI – Gubernur Jambi Al Haris, mengambil langkah tegas terkait aktivitas truk batu bara di Jambi.

Sikap ini menyikapi kemacetan parah yang terjadi di lintas Sarolangun-Batanghari, terutama di ruas simpang Koto Buyo hingga Muara Bulian.

Kemacetan ini sendiri terjadi sejak Senin 28 Februari 2023, hingga hari ini Selasa 1 Maret 2023. Gubernur Jambi Al Haris menyatakan, tidak semua kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Namun merupakan kewajiban bagi dirinya selaku Gubernur Jambi untuk mengurus hal itu semua. Gubernur Jambi Al Haris akhirnya menyatakan Pemprov Jambi menyetop aktivitas truk batu bara.

Penghentian ini sendiri, kata Al Haris hingga waktu yang tidak ditentukan. Menurutnya, dia harus mengambil langkah-langkah untuk kembali memulihkan aktivitas lalu lintas di ruas jalan nasional itu hingga normal kembali.

“Mencermati terjadinya kemacetan di ruang jalan nasional Sarolangun-Batanghari, khusunya wilayah Batanghari tadi malam sampai hari ini,” kata dia.

Untuk itu kata dia, dirinya mengambil langkah-langkah. Dia mengimbau pada seluruh pemegang IUP atau pengusaha tambang untuk sementara waktu tidak mengadakan angkutan dari mulut tambang samlai ke jalan atau ke ruas jalan nasional itu.

Baca Juga...  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Selama tidak adanya aktivitas truk batu bara, dikatakan Al Haris dirinya sudah mengintruksikan Dinas PUPR Provinsi Jambi dan balai jalan untuk memperbaiki jalan yang rusak di ruas jalan tersebut.

“Selama masa tidak ada angkutan kami sudah memerintahkan Dinas PU dan balai jalan untuk menutupi lubang jalan yang rusak,” sebutnya.

Terkait kemacetan parah yang terjadi sejak kemarin hingga hari ini, Al Haris selaku Gubernur Jambi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jambi, walau tidak sepenuhnya wewenang Gubernur karena izin batubara bukan Gubenur yang mengeluarkan, termasuk jalan nasional tidak ada kewenangan untuk menutup jalan itu.

Baca Juga...  Polres Tanjab Barat Sembelih 8 Hewan Kurban Berbagi Ke Masyarakat Dan Tukang Becak

Dia minta semua pihak memahami, termasuk kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi.

Karena merasa ini adalah kewajiban dia selaku Gubenur Jambi untuk mengurus ini semua walau tidak sepenuhnya wewenang Gubenur.

Karena izin batu bara bukan Gubenur yang mengeluarkan, termasuk jalan nasional tidak ada keeenangan mentup jalan tersebut. Saya mohon maaf yang sebesarnya atas kejadian ini, dan bulan yang ini kita hendaki,” kata dia.

Al Haris mengatakan, beberapa hari ke depan menangani ruas-ruas jalan yang berlubang dan rusak, semoga nanti lancar semua dan masyarakat lancar aktivitas, menjelang selesainya jalan khusus yang dalam proses pembangunan.

Saya tau warga hari ini membenci saya, menghujat saya itu semua resiko saya selaku, ini tanggung jawab saya sebagai pemimpin,” sebut Gubernur. *

#sumber- jambi-independent.do.id

Share :

Baca Juga

Berita

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Pimping Langsung HUT Ke-72 Polairud

Berita

Ini 43 Desa Melaksanakan Pilkades di Tanjab Barat Hari Ini

Berita

Indrawan : UKM Garda Terdepan Perekonomian Keluarga

Berita

Pelaku Penembakan di Perkebunan PT PAM Ditangkap Polres Sarolangun Kurang dari 30 Jam

Berita

Perkelahian Berujung Maut Terjadi di Senaung, Pelaku dalam Pengejaran Polisi

Berita

FLAME FEST THE BIGGEST MUSIC FESTIVAL ON TOUR 2023’
AKAN GUNCANG KOTA JAMBI

Batanghari

Anggota DPRD Kabupaten Batanghari dari Partai Perindo Diperiksa Polda Jambi, Ini Dugaan Kasusnya

Berita

Warga Bertara Di Geger kan Dengan Penemuan Ular Piton Dengan Perut Besar