Kapolsek Muara Tembesi Terima Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga Satu Atlet FPTI Tanjabbar Wakili Jambi di Kejurnas Panjat Tebing di Situbondo Jatim
Satu Atlet FPTI Tanjabbar Wakili Jambi di Kejurnas Panjat Tebing di Situbondo Jatim
Kronologis Lakalantas di Bram Itam Reangut Nyaw Seorang Ibu Meninggal di Tempat Saat Silaturahmi Bersama Amsindo Jambi, Kapolda Jambi Ini Ajak Media Berkolaborasi

Home / Batanghari / Berita / Pemerintahan / Pendidikan

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:37 WIB

Orang Membaca Dengan Baik Tak Akan Gampang di Tipu

Publishnews.id – Pada acara talk show peningkatan indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat serta pengukuhan bunda Literasi Batanghari dan Bunda Literasi se-Kabupaten Batanghari, Kamis (7/7/2022) Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, jika manusia ingin menjadi senang dunia dan akhirat, maka manusia wajib membaca.

“Salahsatu indikator orang yang membaca dengan baik adalah, dia tidak bisa di tipu, di bodohi, dan dia tidak bisa di manipulasi oleh orang lain,” jelas Fadhil Arief.

Selain itu, orang yang membaca tidak akan percaya terhadap fitnah/ hoak, karena dia punya informasi yang utuh terhadap sesuatu hal.

” Kita lihat di Batanghari, kalau masih banyak orang di bodohi, berarti tingkat literasi masih rendah,” sebutnya.

Baca Juga...  Gubernur Al Haris Minta Generasi Muda Jadi Penggerak Minat Baca Masyarakat

Fadhil Arief memaparkan, pada tahun 2021 indeks literasi masyarakat Kabupaten Batanghari sudah berada di angka 59. Hal ini masih dalam kategori sedang.

” Wajar saja, karena masih sebagain kita ikut investasi bodong. Seperti investasi ikan lele ini contoh-contoh indikator-indikator jelas di depan mata kita. Contoh yang lain, petani kita membeli bibit palsu, tidak bibit yang dijamin oleh dinas terkait,” jelas Fadhil Arief.

Talks ini digelar di Gedung Pemuda Muara Bulian dengan mengusung dua tema yaitu “Membangun Literasi dalam pemanfaatan Potensi Kelapa Sawit dan Turunannya Menuju Petani Cerdas” dan “Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Deni Kurniadi mengatakan perpustakaan adalah sarana dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia

Baca Juga...  H. M Mahdan Pindah ke Partai Ka'bah, Begini Menurut Pengamatan Politik

” Literasi menjadi pondasi yang kokoh dalam membentuk skill dan kepekaan sosial produktifitas, untuk itu perpustakaan nasional mengembangkan lima tingkatan literasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Kapolres Batanghari AKBP M Hasan SIK, juga hadir, Sekretaris Perkim, A Somad,
Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari Deni Eko Purwanto, Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan RI Adin Bondar, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Wkil Nunda Literasi Batanghari Nurani Zubir, para bunda literasi se-Kabupaten Batanghari, Unsur Forkopimda Batanghari, Kepala Dinas Kominfo Amir Hamzah, para camat, pelaku UMKM dan tamu undangan lainya.

Share :

Baca Juga

Berita

Gubenur Jambi Al Haris Tidak Tahu Ada Tambang Batu Bara Baru Di Jambi, Beri Pesan Ini ke Pemerintah Pusat

Berita

Komisi IV DPR RI Dukung Pansus Konflik Lahan DPRD Provinsi Jambi

Batanghari

H Syukur Menceritakan Saat Fadhil Arief Jadi Toke Duku

Daerah

Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan

Pemerintahan

Kembali Pemprov Jambi Buka Pemutihan Pajak Tahap Dua

Daerah

Program DUMISAKE Tingkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Jambi

Berita

Sijago Merah Kembali Mengamuk 4 Buah Rumah DiTeluk Nilau Ludes

Berita

Sebanyak 13 Napi High Risk Dari Berbagai Kasus di Jambi Dipindahkan ke Nusa Kambangan