Diduga Tempat Timbun BBM Ilegal, 2 Gudang di Pijoan di Police Line Rangkaian HUT kemerdekaan RI Serunya Balap Becak Alat Transportasi Tradisional DiTanjab barat Ishak Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Tanjab Barat Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Over Kapasitas, Terbanyak Kasus Narkoba Danrem : Mari Jadikan Rumkit TK. III 02.06.01 dr. Bratanata Unggulan AD

Home / Batanghari / Berita / Pemerintahan / Pendidikan

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:37 WIB

Orang Membaca Dengan Baik Tak Akan Gampang di Tipu

Publishnews.id – Pada acara talk show peningkatan indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat serta pengukuhan bunda Literasi Batanghari dan Bunda Literasi se-Kabupaten Batanghari, Kamis (7/7/2022) Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, jika manusia ingin menjadi senang dunia dan akhirat, maka manusia wajib membaca.

“Salahsatu indikator orang yang membaca dengan baik adalah, dia tidak bisa di tipu, di bodohi, dan dia tidak bisa di manipulasi oleh orang lain,” jelas Fadhil Arief.

Selain itu, orang yang membaca tidak akan percaya terhadap fitnah/ hoak, karena dia punya informasi yang utuh terhadap sesuatu hal.

” Kita lihat di Batanghari, kalau masih banyak orang di bodohi, berarti tingkat literasi masih rendah,” sebutnya.

Baca Juga...  How to Stay Hydrated Like a Pro All Summer

Fadhil Arief memaparkan, pada tahun 2021 indeks literasi masyarakat Kabupaten Batanghari sudah berada di angka 59. Hal ini masih dalam kategori sedang.

” Wajar saja, karena masih sebagain kita ikut investasi bodong. Seperti investasi ikan lele ini contoh-contoh indikator-indikator jelas di depan mata kita. Contoh yang lain, petani kita membeli bibit palsu, tidak bibit yang dijamin oleh dinas terkait,” jelas Fadhil Arief.

Talks ini digelar di Gedung Pemuda Muara Bulian dengan mengusung dua tema yaitu “Membangun Literasi dalam pemanfaatan Potensi Kelapa Sawit dan Turunannya Menuju Petani Cerdas” dan “Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Deni Kurniadi mengatakan perpustakaan adalah sarana dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia

Baca Juga...  Program Batanghari Tangguh, Fadhil Arief:Mengisi Ruang Kosong Dari pelayanan yang Petugas-petugas

” Literasi menjadi pondasi yang kokoh dalam membentuk skill dan kepekaan sosial produktifitas, untuk itu perpustakaan nasional mengembangkan lima tingkatan literasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Kapolres Batanghari AKBP M Hasan SIK, juga hadir, Sekretaris Perkim, A Somad,
Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari Deni Eko Purwanto, Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan RI Adin Bondar, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Wkil Nunda Literasi Batanghari Nurani Zubir, para bunda literasi se-Kabupaten Batanghari, Unsur Forkopimda Batanghari, Kepala Dinas Kominfo Amir Hamzah, para camat, pelaku UMKM dan tamu undangan lainya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

DPP PPP Bahas Pemilu 2024, Ini Harapannya Kepada Bupati Fadhil Arief

Batanghari

Peletakan Batu Pertama Pabrik Minyak sawit (PT NGE) Di Batanghari ”Oleh Mendag Zulkufli Hasa

Berita

Rapat Ahir Persiapan MTQ Tingkat Provinsi, Bupati UAS : Berdayakan Becak Sebagai Alat Transportasi

Batanghari

H Syukur Menceritakan Saat Fadhil Arief Jadi Toke Duku

Berita

Isu Jual Beli Jabatan, Kabag Prokopim Tanjabbar Minta Tunjukkan Bukti

Daerah

Program DUMISAKE, Waka DPRD Provinsi Jambi Minta Segera di Realisaisi

Berita

38 Desa di Muaro Jambi Tanandatangani MoU CSR dengan PT KTN dan PT EWF

Berita

Jembatan Kayu Dusun Tuo Pematang Jering yang Butuh Perhatian Pemerintah