Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Batanghari / Berita / Pemerintahan / Pendidikan

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:37 WIB

Orang Membaca Dengan Baik Tak Akan Gampang di Tipu

Publishnews.id – Pada acara talk show peningkatan indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat serta pengukuhan bunda Literasi Batanghari dan Bunda Literasi se-Kabupaten Batanghari, Kamis (7/7/2022) Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, jika manusia ingin menjadi senang dunia dan akhirat, maka manusia wajib membaca.

“Salahsatu indikator orang yang membaca dengan baik adalah, dia tidak bisa di tipu, di bodohi, dan dia tidak bisa di manipulasi oleh orang lain,” jelas Fadhil Arief.

Selain itu, orang yang membaca tidak akan percaya terhadap fitnah/ hoak, karena dia punya informasi yang utuh terhadap sesuatu hal.

” Kita lihat di Batanghari, kalau masih banyak orang di bodohi, berarti tingkat literasi masih rendah,” sebutnya.

Baca Juga...  Perkelahian Berujung Maut Terjadi di Senaung, Pelaku dalam Pengejaran Polisi

Fadhil Arief memaparkan, pada tahun 2021 indeks literasi masyarakat Kabupaten Batanghari sudah berada di angka 59. Hal ini masih dalam kategori sedang.

” Wajar saja, karena masih sebagain kita ikut investasi bodong. Seperti investasi ikan lele ini contoh-contoh indikator-indikator jelas di depan mata kita. Contoh yang lain, petani kita membeli bibit palsu, tidak bibit yang dijamin oleh dinas terkait,” jelas Fadhil Arief.

Talks ini digelar di Gedung Pemuda Muara Bulian dengan mengusung dua tema yaitu “Membangun Literasi dalam pemanfaatan Potensi Kelapa Sawit dan Turunannya Menuju Petani Cerdas” dan “Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Deni Kurniadi mengatakan perpustakaan adalah sarana dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia

Baca Juga...  Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Ke-77 Kodim 0419/Tanjab Ziarah Kemakam Pahlawan Yudha Satria Pengabuan

” Literasi menjadi pondasi yang kokoh dalam membentuk skill dan kepekaan sosial produktifitas, untuk itu perpustakaan nasional mengembangkan lima tingkatan literasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Kapolres Batanghari AKBP M Hasan SIK, juga hadir, Sekretaris Perkim, A Somad,
Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari Deni Eko Purwanto, Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan RI Adin Bondar, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Wkil Nunda Literasi Batanghari Nurani Zubir, para bunda literasi se-Kabupaten Batanghari, Unsur Forkopimda Batanghari, Kepala Dinas Kominfo Amir Hamzah, para camat, pelaku UMKM dan tamu undangan lainya.

Share :

Baca Juga

Berita

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Siginjai 2024, Ditlantas Polda Jambi Catat Angka Kecelakaan Menurun 50 Persen 

Berita

Kronologis Hilangnya Siswa SMK Muhammadiyah Kota Jambi yang Magang di PT GGI

Berita

Tiga Perwira Polda Jambi Lakukan Sikap Humanis ke Penjual Kitiran Keliling

Berita

Kuota BBM Bagi Nelayan Tanjabbar Kurang, Ketua HNSI Harap Ada Penambahan

Berita

Berkunjung ke Bungo, Al Haris Janjikan Pemerataan Pembangunan Disetiap Kabupaten/ Kota

Berita

2 ABG Putri Diperkosa 13 Remaja Sontoloyo, Pertama di Pondok & Rumah Tersangka

Berita

Kembali Terjadi Kecelakaan Maut Dijalan Lintas KM 29 Tempino

Berita

Cuaca Ekstren Angin Kencang Dan Hujan Terjang Pemukiman Warga desa Teluk Majelis Kecamatan Kuala Jambi