Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Batanghari / Berita / Pemerintahan / Pendidikan

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:37 WIB

Orang Membaca Dengan Baik Tak Akan Gampang di Tipu

Publishnews.id – Pada acara talk show peningkatan indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat serta pengukuhan bunda Literasi Batanghari dan Bunda Literasi se-Kabupaten Batanghari, Kamis (7/7/2022) Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, jika manusia ingin menjadi senang dunia dan akhirat, maka manusia wajib membaca.

“Salahsatu indikator orang yang membaca dengan baik adalah, dia tidak bisa di tipu, di bodohi, dan dia tidak bisa di manipulasi oleh orang lain,” jelas Fadhil Arief.

Selain itu, orang yang membaca tidak akan percaya terhadap fitnah/ hoak, karena dia punya informasi yang utuh terhadap sesuatu hal.

” Kita lihat di Batanghari, kalau masih banyak orang di bodohi, berarti tingkat literasi masih rendah,” sebutnya.

Baca Juga...  Karya Bakti TNI Korem 042/Gapu Resmi Dibuka Gubernur Jambi

Fadhil Arief memaparkan, pada tahun 2021 indeks literasi masyarakat Kabupaten Batanghari sudah berada di angka 59. Hal ini masih dalam kategori sedang.

” Wajar saja, karena masih sebagain kita ikut investasi bodong. Seperti investasi ikan lele ini contoh-contoh indikator-indikator jelas di depan mata kita. Contoh yang lain, petani kita membeli bibit palsu, tidak bibit yang dijamin oleh dinas terkait,” jelas Fadhil Arief.

Talks ini digelar di Gedung Pemuda Muara Bulian dengan mengusung dua tema yaitu “Membangun Literasi dalam pemanfaatan Potensi Kelapa Sawit dan Turunannya Menuju Petani Cerdas” dan “Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Deni Kurniadi mengatakan perpustakaan adalah sarana dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia

Baca Juga...  Fadhil Arief Sebut PB Kabari Harus Menjadi Penyambung Silaturahmi Bagi Masyarakat Batanghari

” Literasi menjadi pondasi yang kokoh dalam membentuk skill dan kepekaan sosial produktifitas, untuk itu perpustakaan nasional mengembangkan lima tingkatan literasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Kapolres Batanghari AKBP M Hasan SIK, juga hadir, Sekretaris Perkim, A Somad,
Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari Deni Eko Purwanto, Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan RI Adin Bondar, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Wkil Nunda Literasi Batanghari Nurani Zubir, para bunda literasi se-Kabupaten Batanghari, Unsur Forkopimda Batanghari, Kepala Dinas Kominfo Amir Hamzah, para camat, pelaku UMKM dan tamu undangan lainya.

Share :

Baca Juga

Berita

Kampanye, Calon Kades Delima dan Timses Dihimbau Tetap Jaga Kamtibmas Galakkan Vaksin

Berita

Puluhan Petugas Lapas Kuala Tungkal dan WBP di Tes Urine

Berita

Sidak ke Pasar Angso Duo, Kapolresta Jambi Pastikan Kebutuhan Pokok Cukup dan Harga Sembako Stabil saat Ramadhan

Berita

Larikan Motor Nmax dengan Modus Pinjam Beli Gorengan, Pria di Merangin Dicuduk Polisi

Berita

Ishak Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Tanjab Barat

Berita

How One Furniture Manufacturer Goes ‘Beyond Sustainability’

Berita

Angkutan Batu Bara Kembali Beroperasi,Ini Kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono

Batanghari

Sedih Seorang Ibu Bawa Jenazah Anaknya Terjebak Macet Selama 12 Jam