Nekat Lakukan Pemerasan Dan Ancam Korban Akan Dibawa Ke Polsek, Dua Pria Diamankan Polisi Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Polda Jambi Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo  DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024 Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas  Peduli terhadap Masyarakat dan Menangkan Prabowo Gibran,SOLMET bagikan Stiker,Susu dan Makan Gratis 2.222 Paket di Jambi

Home / Berita / Kota Jambi

Senin, 22 Januari 2024 - 08:51 WIB

Pelindo Regional 2 Jambi Sukses Layani 6.987 unit Kapal Selama 2023

Publishnews.idJAMBI – Selama tahun 2023, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo Regional 2 Jambi catatkan pertumbuhan arus kapal sebesar 10.59% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year), yaitu sebanyak 6.987 Unit. Kenaikan jumlah unit kapal yang dilayani tersebut berdampak pada kenaikan signifikan pada jumlah tonase kapal, yang mencapai 11.16 juta Gross Tonnage (GT) atau meningkat 28.7% dibandingkan angka tahun 2022 sebesar 8.72 juta GT.

General Manager Cabang Jambi, Ahmad Fahmi menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang mendukung kenaikan arus kapal tersebut. Salah satunya adalah kerjasama operasi pemanduan dan penundaan dengan Petrochina sejak bulan Mei 2023.

Selain itu, ketersediaan prasarana pendukung pemanduan dan penundaan berupa Stasiun Pandu juga berperan dalam pencapaian kinerja arus kapal. Stasiun Pandu digunakan untuk memonitor gerakan kapal, memberi dan menerima komunikasi dan informasi kepada kapal yang melakukan kegiatan di pelabuhan sehingga membuat lalu lintas kapal yang melakukan pemanduan dan penundaan di alur pelayaran Pelindo Regional 2 Jambi menjadi semakin lancar.

Baca Juga...  Satu Unit Rumah Warga di Desa Penerokan Ludes Dilahap Sih Jago Merah

*Capt. Jerry Maulana Putra, Nakhoda MT Lina 101, kami melakukan kegiatan rutin di Talang Duku dan selalu menggunakan jasa pelayanan pemanduan. Dengan adanya Stasiun Pandu di Teluk Majelis, waktu tunggu kapal untuk mendapatkan pelayanan menjadi lebih cepat. Saya merasa senang dan terbantu dengan keberadaan Stasiun Pandu, ungkapnya.*

Selanjutnya, Pelindo Regional 2 Jambi juga melakukan standarisasi pelayanan kapal, yang diperkuat dengan penerapan Aplikasi Phinisi sejak September 2023. Menurut Fahmi, aplikasi digital tersebut sangat mendukung pelayanan kapal dan barang di pelabuhan melalui berbagai fitur yang dapat memberikan informasi akurat untuk pelayanan kapal, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan pelayanan kapal, kebutuhan billing, dan reporting semua tercover dalam satu aplikasi, serta dapat diakses kapanpun dan di mana saja melalui perangkat elektronik genggam.

Baca Juga...  Tak Hanya Bisa Lunasi Hutang, Fadhil Arief Juga Mampu Bangun Jalan di Masa Pandemi

*Agen Pelayaran PT Pertamina Trans Kontinental, Yesril Ade mengatakan dengan adanya aplikasi phinnisi ini, pengajuan PKK lebih informatif dan detail, monitoring kegiatan secara real time, selain itu dapat mengetahui sisa uper serta nota tagihan, katanya*

Selain kinerja arus kapal, kinerja Arus Barang juga tercatat mengalami kenaikan sebesar 42.57% (year-on-year), yaitu dari 1,1 juta ton pada 2022 naik menjadi 1,6 juta ton pada 2023.

“Capaian positif pada tahun 2023 ini menjadi pemacu semangat kami untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memperbaiki diri agar bisa berkontribusi lebih baik lagi pada tahun 2024” pungkas Fahmi. (LAMSYAH)

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Jambi Gelar Program Bedah Rumah Dalam Rangka HUT Ke-78 Kodam ll/SWJ

Berita

Polres Tanjab Barat Amankan Pelaku Perjudian

Berita

Dishub Tanjab Barat Menghimbau Angkutan Barang Diatas 8 Ton Dilarang Masuk Kota Tungkal

Berita

Terkait Tahapan Pemilu 2024, Partai Golkar Muaro Jambi Rampung Sempurnakan Dokumen Perubahan DCS

Berita

KORUPSI PUSKESMAS Bungku : Ditreskrimsus polda Jambi Kembali Tangkap Dua Pelaku

Berita

Ini Kades Terpilih pada Pilkades Serental 43 Desa di Tanjab Barat

Berita

Kendalikan Inflasi Pangan di Provinsi Jambi, Korem 042/Gapu Tanam Perdana 10.000 Bibit Cabai Merah

Berita

Diduga Menyetubuhi Anak Dibawah Umur, Seorang Pemuda Diamankan Polres Sarolangun