Perkuat Kerjasama Pengawasan Keimigrasian, Imigrasi Jambi Koordinasi ke Pelindo II Jambi Upaya Penegakan Hukum Aktivitas Ilegal Drilling Oleh Polres Batanghari Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat

Home / Daerah

Selasa, 31 Mei 2022 - 14:59 WIB

Pemrov Jambi Usulkan Program Insfrastruktur ke Pusat Untuk Jadi Proyek Strategis Nasional 2023

Publishnews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tengah mengusulkan sejumlah program infrastruktur, untuk menjadi Proyek Strategis Nasional tahun 2023. Proyek strategis ini diminta Pemprov ke Pemerintah Pusat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Provinsi Jambi merupakan provinsi yang paling strategis, karena terletak di tengah tengah di pulau Sumatera, untuk prioritas pembangunan sangat di butuhkan untuk menyambung perekonomian masyarakat, terutama insfrastruktur jalan tol Betung Jambi, dan pelabuhan,” kata Gubernur Jambi Al Haris, Selasa (31/5/2022).

Al Haris mengemukakan ada 7 usulan percepatan pembangunan proyek strategis kepada Pemerintah Pusat. Usulan itu disampaikan Al Haris ketika menghadiri Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta yang dihadir Menkomarves RI, Menko Perekonomian RI dan Menteri BUMN.

Al Haris menegaskan isu strategis untuk rencana pembangunan 2023 adalah pemantapan pembangunan ekonomi, ketimpangan antar wilayah dan ketenagakerjaan yang ada di Provinsi Jambi.

Isu strategis itu disebut Haris, terangkum dalam lima skala prioritas yang nantinya akan sangat berperan dan membantu untuk perkembangan masing-masing kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi.

Baca Juga...  Pemkab Tanjabbar Datangkan Penceramah dari Wonosobo Untuk Menggelar Tabliq Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1444 H

“Kelima skala prioritas itu, peningkatan produktivitas daerah, pembangunan infrastruktur daerah, pembangunan manusia, peningkatan lingkungan hidup dan peningkatan tatakelola pemerintahan,” ujar Al Haris.

Tujuh usulan proyek strategis nasional ini dikatakan Al Haris berupa percepatan pembangunan ruas jalan tol trans sumatera (JTTS) Di Provinsi Jambi kemudian penetapan kawasan strategis nasional seperti Candi Muaro Jambi dan penetapan kawasan strategis pariwisata nasional Kerinci Seblat.

Tidak hanya itu, Haris juga menyebutkan penetapan Georpark Merangin menjadi world herittage juga termasuk usulan dari Pemprov Jambi, bahkan penetapan kawasan industri kemiking juga disampaikan dan penetapan kawasan Ekonomi Ujung Jabung serta penetapan pembangunan bendungan Merangin.

“Proyek-proyek itu mesti digodok agar dapat dibantu oleh Pemerintah pusat, dan ini sangat membantu kesejahteraan masyarakat Jambi,” terang Haris.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Jambi Faisal Riza ikut mendorong pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan proyek-proyek strategis nasional di Provinsi Jambi itu.

Baca Juga...  Danrem 042/Gapu Menghadiri High Level Meeting TPID Provinsi Jambi

Menurutnya, 7 proyek strategis nasional yang disampaikan Pemprov Jambi di FGD bersama pihak Pemerintah pusat butuh percepatan pembangunan.

Faisal juga mengatakan jima Provinsi Jambi menjadi salah satu penyumbang terbesar dari sektor migas. Sebab itu, ia berharap pemerintah pusat memperhatikan percepatan pembangunan yang diusulkan Provinsi Jambi.

“Jadi kalau kita bicara kontribusi Jambi terhadap pembangunan nasional luar biasa, untuk minyak kita nomor 7 sedangkan gas nomor 9 terbesar. Oleh karena itu kami berharap Jambi mendapat perhatian terhadap percepatan pembangunan karena postur APBD Pemprov Jambi sangat kecil untuk membangun Jambi secara keseluruhan. Salah satunya membangun pelabuhan Ujung Jabung, sangat berat kalau dibebankan ke APBD,” kata Faisal.

Ia sangat berharap Jambi mendapat dukungan dari Kementerian terkait untuk merealisasikan proyek-proyek strategis nasional tersebut, agar perekonomian Provinsi Jambi juga meningkat.

Sumber: Detik.com

Share :

Baca Juga

Berita

Al Haris: Nilai Agama Modal Pondasi Membangun Jambi

Daerah

DPW Nasdem Jambi Sah di Nahkodai Fasha, Maulana Juga Ikut Kepengurusan

Daerah

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Minta Sebut Nama PTT Titipan

Daerah

Gubernur Al Haris Ajak Bijak Dalam Bermedsos

Batanghari

“Ini 13 Pejabat Eselon II Pemkab Batanghari Akan Diuji Komopetensi Segera

Daerah

Al Haris Ajak Masyarakat Idul Fitri Bangun Energi Baru

Berita

Diduga Tempat Timbun BBM Ilegal, 2 Gudang di Pijoan di Police Line

Berita

Polresta Jambi dan BNNP Jambi Musnakan Barang Bukti 46,8 Kg Ganja dan 3,92 Sabu