Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / Kota Jambi / TNI AD

Sabtu, 30 Desember 2023 - 14:08 WIB

Peringati Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi ajak hormati para Pejuang

Publishnews.idJAMBI – Pemprov Jambi kembali menggelar upacara memperingati peristiwa sejarah Pertempuran Simpang Tiga Sipin yang dilaksanakan di Tugu Juang Jl. Kol. Abunjani RT. 17 Kel. Selamat Kec. Danau Sipin kota Jambi, Jum’at (29/12/2023).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai tanda untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Simpang Tiga Sipin.

Seperti kita ketahui bahwa peristiwa Pertempuran Simpang Tiga Sipin terjadi pada tanggal 29 Desember 1949. Pertempuran ini menewaskan banyak tentara, pejuang dan rakyat Jambi. Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin merupakan salah satu bukti sejarah saat rakyat Jambi melawan Belanda. Secara nasional terjadi momentum peristiwa penting yang harus dikenang.

Baca Juga...  Kurang Dari 24 Jam Sembilan Pelaku Begal Di Mendalo Diringkus Polsek Jaluko

Kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin dilaksanakan dengan khidmat dengan pejabat irup Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten 3 bidang Pemerintahan dan SDM serta bertindak sebagai Danup Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito.

Menurut Dandim Melalui Mayor irfan bahwa kegiatan upacara ini dapat dijadikan sebagai momen instropeksi diri, seberapa jauh kita berjuang untuk membuat Jambi lebih maju.

“Kita sebagai penerus bangsa hendaknya tidak mudah melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi dalam melawan penjajah yang terjadi di Simpang Tiga Sipin ini. Kita juga harus bisa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.” tandasnya.

Baca Juga...  Tiga Perwira Polda Jambi Lakukan Sikap Humanis ke Penjual Kitiran Keliling

Saat kegiatan upacara tersebut, inspektur upacara turut meletakkan karangan bunga untuk menghormati jasa para pejuang yang gugur dalam peristiwa heroik pertempuran Simpang Tiga Sipin.

Ditambahkan oleh Danramil Telanaipura, masyarakat Jambi khususnya generasi muda untuk dapat mengambil pelajaran atas dilakukannya kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin ini. Sekali lagi, kita tidak boleh melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi, kita harus mampu mencontoh semangat juang para pahlawan dan pejuang yang gugur untuk bersama-sama membangun merawat, menjaga serta membangun Jambi, imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Berita

New Car Technology May Take The Wheel out of Human Hands

Berita

Reskrimum Polda Jambi Berhasil Amankan Sepuluh Tersangka Kasus Pencabulan Dua Anak Di Bawah Umur

Berita

Al Haris Dampingi Kasad Dudung Pantau Daerah Rawan Kebakaran

Berita

Gelar Rapat Tindak Lanjut Harga TBS, Pemprov Jambi Tetapkan Harga TBS Rp. 2.600

Berita

Agar Bisa Profesional dan Tidak Ada Kesenjangan, Ketum Amsindo: Menpora Selanjutnya Jangan terafiliasi partai politik

Berita

TMMD Ke-114 Kodim 0417/Kerinci Resmi Ditutup

Berita

Polda Jambi Musnahkan Narkoba Bernilai 60-an Miliar Rupiah,Disaksikan Tersangka

Berita

Gubernur Jambi Al Haris Sambut Kedatanagn Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman Di Bendara Sultan Thaha