Masyarakat Jambi Bersama Mahasiswa Akan Menggelar Pesta Rakyat Bhayangkara Di 5 Kabupaten/Kota Perdana, Pesta Rakyat Bhayangkara Akan Digelar Serentak bersama 5 Polres Jajaran Polda Jambi Bupati Batanghari Melalui Sekda Muhammad Azan Melantik Indra Gunawan Selaku Pj Desa Teluk Ketapang Tak Hanya Silaturahmi, Ketua PWI Kota Jambi Periode 2023-2026 Turut Sampaikan Program Kerja saat Kunjungi Kajari Jambi Dandim 0415/Jambi Hadiri Sosialisasi PT. Pegadaian Cabang Jambi

Home / Berita / Kota Jambi / TNI AD

Sabtu, 30 Desember 2023 - 14:08 WIB

Peringati Pertempuran Simpang Tiga Sipin, Dandim 0415/Jambi ajak hormati para Pejuang

Publishnews.idJAMBI – Pemprov Jambi kembali menggelar upacara memperingati peristiwa sejarah Pertempuran Simpang Tiga Sipin yang dilaksanakan di Tugu Juang Jl. Kol. Abunjani RT. 17 Kel. Selamat Kec. Danau Sipin kota Jambi, Jum’at (29/12/2023).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai tanda untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur dalam pertempuran di Simpang Tiga Sipin.

Seperti kita ketahui bahwa peristiwa Pertempuran Simpang Tiga Sipin terjadi pada tanggal 29 Desember 1949. Pertempuran ini menewaskan banyak tentara, pejuang dan rakyat Jambi. Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin merupakan salah satu bukti sejarah saat rakyat Jambi melawan Belanda. Secara nasional terjadi momentum peristiwa penting yang harus dikenang.

Baca Juga...  Kapolda Siap Hadiri Pelantikan Pengurus SMSI Provinsi Jambi

Kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin dilaksanakan dengan khidmat dengan pejabat irup Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten 3 bidang Pemerintahan dan SDM serta bertindak sebagai Danup Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito.

Menurut Dandim Melalui Mayor irfan bahwa kegiatan upacara ini dapat dijadikan sebagai momen instropeksi diri, seberapa jauh kita berjuang untuk membuat Jambi lebih maju.

“Kita sebagai penerus bangsa hendaknya tidak mudah melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi dalam melawan penjajah yang terjadi di Simpang Tiga Sipin ini. Kita juga harus bisa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.” tandasnya.

Baca Juga...  BERKAH BERLIMPAH DARI BISNIS BERBASIS TANAH

Saat kegiatan upacara tersebut, inspektur upacara turut meletakkan karangan bunga untuk menghormati jasa para pejuang yang gugur dalam peristiwa heroik pertempuran Simpang Tiga Sipin.

Ditambahkan oleh Danramil Telanaipura, masyarakat Jambi khususnya generasi muda untuk dapat mengambil pelajaran atas dilakukannya kegiatan upacara peringatan pertempuran Simpang Tiga Sipin ini. Sekali lagi, kita tidak boleh melupakan sejarah perjuangan masyarakat Jambi, kita harus mampu mencontoh semangat juang para pahlawan dan pejuang yang gugur untuk bersama-sama membangun merawat, menjaga serta membangun Jambi, imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Berita

4 Pelaku Pemain Judi Online dan Operator Digaruk Polisi

Berita

DPD PKS Tanjab Barat Menolak Kenaikan BBM , Menurut Ketua DPD PKS Sensarakan Rakyat

Batanghari

Anggota DPRD Kabupaten Batanghari dari Partai Perindo Diperiksa Polda Jambi, Ini Dugaan Kasusnya

Berita

Dandim 0415/Jambi Paparkan Upaya Antisipasi Perayaan Nataru serta upaya Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024

Berita

Teguh Nilai Pancasila, Pemuda Katolik Komda Jambi Gelar Seminar, Gerakan Nasional Bertajuk Ideologi Bangsa Di Era Digitalsasi.

Berita

Ditintelkam Polda Jambi Ajak SMSI Muaro Jambi Tangkal Berita Hoaks

Berita

Penyelesaian Non ASN di Muaro Jambi, Begini Kata Pj Bupati

Berita

Antisipasi Dampak Kenaikan BBM & Inflasi, Pemprov Jambi Siapkan Dua Langkah