Sepuluh Ribu Masyarakat Tebo ikutin Aksi Damai Peduli Palestina Bersama PJ Bupati Motor Vs Truk ,Satu Orang Warga Pemayung Meninggal Di Tempat Sistem Genap Ganjil Mobilisasi Angkutan Batu bara Diberlakukan, Ini Penjelasan Dir Lantas Polda Jambi Tim PPK ORMAWA MISETA Universitas Jambi sukses mengadakan Seminar Hasil terkait rangkaian kegiatan program Bolone Mase Gibran Jambi Lakukan Konsolidasi, Targetkan Kemenangan

Home / Berita / DPRD Provinsi Jambi / Infrastruktur

Jumat, 29 Juli 2022 - 20:40 WIB

Perkuat Peran Bapemperda, DPRD Provinsi Jambi Gelar FGD

Publishnews.id-DPRD Provinsi Jambi menggelar Focus Group Discussion (FGD), di Ruang Banggar DPRD Provinsi Jambi, Jum’at (29/7/2022).

FGD dengan tema Penguatan Peran Bapemperda DPRD Provinsi dan Kebupaten/Kota Dalam Pembentukan Peraturan Daerah itu bertujuan untuk melakukan penguatan dan peningkatan peran serta pemahaman Bapemperda DPRD Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota.

Dalam kegiatan FGD hari itu, yang menjadi Narasumber yakni, Direktur Produk Hukum Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri, Drs, Makmur Marbun, M. Si.

FGD itu sendiri turut dihadiri oleh Unsur DPRD Provinsi Jambi, Unsur Pemerintah Provinsi Jambi, dan Unsur DPRD Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Narasumber dalam kegiatan tersebut, Makmur Marbun, mengungkapkan apresiasinya terhadap DPRD Provinsi Jambi yang telah mengundang dirinya sebagai narasumber.

Baca Juga...  Liga Santri Piala Kasad Jambi, Kirim Santri pondok Nurul Jalal Ke Tingkat Nasional

Kemudian, Ia menyebutkan bahwa kegiatan FGD yang dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Jambi bisa menjadi contoh bagi instansi lain.

“Bisa jadi ini menjadi suatu contoh, bagaimana melakukan akselerasi penyusunan kebijakan di Provinsi atau Kabupaten/Kota,” ujar Marbun.

Ia juga menambahkan forum yang digelar hari ini, merupakan sebuah forum yang strategis, dimana pembentukan kebijakan berupa Perda, harus melalui beberapa tahapan, sehingga memberi sinyal kepada pihak – pihak terkait untuk segera merampungkan Ranperda yang tengah dibahas.

“Sehingga mereka mengetahui, ada beberapa Perda yang harus segera (diselesaikan, red), dan telah ditargetkan dalam tempo beberapa bulan kedepannya,” ujar Makmur.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto turut mengapresiasi Narasumber, yakni Makmur Marbun.

Baca Juga...  Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II Sriwijaya Gelar Lomba Agustusan , Bagi Anggota Dan Anak TK Kartika

“Mengapa kita undang, beliau adalah Direktur yang benar – benar menguasai produk Hukum daerah,” ucap Edi.

Edi menyinggung banyaknya persoalan daerah yang dituangkan dalam peraturan daerah, yang tentu harus diakselerasi kan dengan peraturan lain yang lebih tinggi.

“Apalagi kemarin ada UU Ciptaker, yang memang harus bersinergi disitu, jangan sampai nanti mereka mengatur apa, kita mengatur apa,” ujar Edi.

Ia menambahkan nantinya akan terjadi banyak APBD yang mubazir, dikarenakan fasilitasinya ditolak karena tidak sejalan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Sebelum pergi, Ketua DPRD Provinsi Jambi itu, kembali mengatakan bahwa kegiatan FGD ini menjadi kesempatan bagi mereka berguru dengan Direktur Produk Hukum Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri, Makmur Marbun.(Rn)

Share :

Baca Juga

Berita

Gantikan Juber, Sukmawati Ketua RT 12 Kelurahan Thehok Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi

Berita

Percepat Pembangunan Infrastruktur, BPJN Jambi Rigid Beton Jalan Simpang Ahok Hingga Buper Sungai Gelam

Berita

Sempat Viral Vidio Genk Motor Bawak Sajam Dijambi “,ini kata pak polisi (itu vidio lama pelaku sudah Diamankan)

Berita

Gubernur Jambi Semarakkan HUT RI Dengan Bagikan 10 Juta Bendera

Batanghari

Breaking News!!! Wargo DiGegerkan Penemuan Mayat laki Laki Mengapung Di Dalam Bak Mandi WC Pom Bensin SPBU Muara Bulian

Berita

Pelantikan Perguruan Persinas ASAD Kota Jambi Periode 2021-2026

Berita

Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Berita

Polres Muaro Jambi Amankan Seorang Ayah Setubuhi Anak Kandung Hinggan Hamil