Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / Provinsi Jambi

Selasa, 11 Juli 2023 - 16:13 WIB

PFI Jambi Gelar Lomba Foto Dengan Tema Masyarakat Adat dan Perubahan Iklim

Publishnews.id – JAMBI – Perubahan iklim merupakan isu global yang semakin mendesak untuk diatasi. Dampaknya telah dirasakan diberbagai belahan dunia, tak terkecuali masyarakat adat di pedalaman Jambi.

Ketergantungan mereka pada alam membawa masyarakat sebagai kelompok-kelompok paling rentan di tengah perubahan iklim.

PFI Jambi menyelenggarakan lomba foto dengan tema “Masyarakat Adat dan Perubahan Iklim” batas waktu pengiriman foto ditutup pada 03 Agustus 2023 pukul. 20.00 WIB.

Sekretaris Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jambi sekaligus Koordinator Lomba Foto Jurnalistik Masyarakat Adat, Wahdi Septiawan, berharap melalui lomba ini bisa memunculkan karya-karya visual bernilai berita yang menggambarkan persoalan, perjuangan, dan harapan masyarakat adat Jambi, serta sekaligus jembatan untuk para pihak.

“Utamanya pengambil kebijakan dalam memaknai realitas visual, yang barangkali belum pernah dilihat sebelumnya,” katanya, Senin (10/7).

Ketua PFI Jambi,Irma Tambunan mengungkapkan potret masyarakat adat di tengah perubahan iklim disuarakan lewat visual.

“Kami berharap pameran ini dapat membuka mata publik yang lebih luas akan perjuangan dan ancaman yang dihadapi komunitas adat di Jambi dalam menghadapi perubahan iklim,” katanya.

Selain pameran foto jurnalistik, rangkaian acara ini juga akan melibatkan kegiatan fellowship coaching dan hunting foto bersama di komunitas Orang Rimba.

Pameran juga akan dimeriahkan oleh lomba foto, seminar dan diskusi, pameran hasil karya anak-anak muda di komunitas adat, serta penjualan foto yang sebagian hasilnya akan dialokasikan untuk mendukung jurnalisme warga di pedalaman.

PFI Jambi berharap seluruh rangkaian acara ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi para jurnalis foto, komunitas adat, serta masyarakat Jambi secara keseluruhan.

Sementara itu, Kepala Taman Budaya Jambi, Eri Argawan mengapresiasi rencana pameran dan siap berkolaborasi. Dua gedung disiapkan yakni Prosenium sebagai tempat pameran dan gedung Arena untuk acara pembukaan pameran, apresiasi seni dan budaya suku-suku pedalaman, coaching foto, dan seminar.

“Kehidupan masyarakat adat pedalaman di Jambi yang lengkap dengan kearifan lokal dan budayanya patut dilestarikan. Kami siap berkolaborasi untuk perjuangan tersebut,” ucapnya.

Untuk syarat dan ketentuan dalam lomba ini bisa teman-teman lihat di akun sosial milik @PFIJambi dan @pewartafotoindonesia.

Ditunggu karya-karya foto jurnalistik terbaik, dan sampai jumpa pada sesi pengumuman.

Baca Juga...  Pj Bupati Resmikan Gedung Pengumpulan Limbah B3 PT AJM

Share :

Baca Juga

Berita

BPJN Jambi Targetkan Pekerjaan Jalan Nasional Selesai 10 Hari

Berita

Idul Adha 1444 H, Golkar Provinsi Jambi Sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Untuk Masyarakat

Berita

Al Haris Dampingi Kasad Dudung Pantau Daerah Rawan Kebakaran

Berita

Dai Kondang Das’ad Latif Ucapkan Selamat & Sukses atas Upaya Luar Biasa Polri mem P21 Kasus Sambo cs & Penahanan PC

Berita

Tiba di Jambi, Irjen Rusdi Hartono Disambut Tradisi Pedang Pora

Berita

Rekayasa Pengalihan Lalu Lintas Kendaraan Truck Batubara Dan Angkutan Lainnya: Ini Penjelasan Ditlantas Polda Jambi

Berita

Tidak MemPeroleh Visa,37 jamaah Haji Furoda Asal Jambi Gagal Berangkat

Berita

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Dikukuhkan Sebagai Pembina Lembaga Adat Provinsi Jambi