Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari Jelang Buka Puasa, Dansat Brimob Polda Jambi Turun ke Jalan Bagikan Takjil ke Pengendara  Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran Sambangi Masjid Pasar Angso Duo, Ditpolairud Polda Jambi Gelar Buka Puasa Bersama Anak-anak Masjid Al-ikhlas. BERIKAN LAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT, DITPOLAIRUD POLDA JAMBI GUNAKAN KAPAL PATROLI SEBAGAI KLINIK TERAPUNG

Home / Berita / Kota Jambi / Polisi

Senin, 3 Oktober 2022 - 13:24 WIB

Polda Jambi Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2022

Publishnews.id JAMBIKepolisian Daerah Jambi menggelar apel gelar Pasukan Operasi Zebra 2022 Serentak akan berlangsung selama 2 minggu dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 16 Oktober dengan beberapa sasaran bertempat di Lapangan Hitam Mapolda Jambi, Senin (13/10/22).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R yang turut dihadiri Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Jambi, Pengadilan Negeri, Danrem 042 Gapu yang diwakili Kasrem 042 Gapu, Dandenpom II Sriwijaya, Pejabat Utama Polda Jambi, dan para peserta apel dari TNI dan Polri, Satpol PP, dan Jasa Raharja.


Dalam sambutannya, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang dibacakan Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R bahwa tujuan Operasi Zebra ini agar masyarakat tertib berlalu lintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Kamseltibcarlantas sendiri adalah situasi dan kondisi dimana penggunaan lalu lintas dirasa baik dengan atau tanpa kendaraan, merasa aman karena terbebas dari rasa ketakutan,adanya ancaman hambatan maupun gangguan.

Baca Juga...  Diberi Kejutan Pulang Kampung dan Modal Usaha, Pemulung di Sukabumi Menangis dan Pingsan di Pelukan Jendral Polisi


Sejalan dengan hal tersebut peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang terjadi dari beberapa sektor, tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas yang mana beberapa penyebab kemacetan antara lain infrastruktur jalan yang kurang baik, tanjakan yang cukup tinggi dan turunan yang cukup tajam, volume arus kendaraan yang tidak seimbang serta angkutan batubara yang belum menggunakan Jalan khusus.



” Sasaran Operasi Zebra kali ini selain kendaraan roda 4 dan 2 yaitu angkutan batubara yang masih melanggar ,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra ini, Wakapolda Jambi berharap akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.


Kemudian, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

“Pelaksanaan operasi Zebra tahun 2022 ini lebih mengedepankan kepada kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung pola Gakkum Lantas secara elektronik atau teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19,”ujarnya.

Adapun sasaran selama Operasi Zebra Siginjai berlangsung yakni :

1. Tidak gunakan helm/ helm tidak SNI
2. Pengemudi yang dalam keadaan mengantuk atau mabuk
3. Melawan arus
4. Pegemudi di bawah umur
5. Kecepatan tinggi
6. Tidak gunakan sabuk keselamatan
7.Berboncengan lebih dari 1 orang.

Disamping itu, Wakapolda Jambi menambahkan sasaran penegakan hukum Operasi Zebra Siginjai 2022 juga dilakukan terhadap angkutan batubara yang menjadi atensi kita bersama dan sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Angkutan batubara ini perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan konflik sosial dan terganggunya kegiatan ekonomi,” jelasnya.

Ia menyebutkan jumlah personel yang diterjunkan dalam Operasi Zebra Siginjai sebanyak 691 personel gabungan dari beberapa Satker Polda Jambi dan stakeholder terkait.

” Jaga kedisiplinan dan selalu menerapkan protokol kesehatan antisipasi penyebaran covid- 19 dalam menjalankan tugas, ” pungkasnya.(red)

Baca Juga...  Masjid Istiqlal Kembali Dibuka untuk Salat Jumat Mulai 20 Agustus 2021

Share :

Baca Juga

Berita

Jalin Silaturahmi dan Perkuat Sinergisitas, Ketua PWI Kota Jambi dan Pengurus Sambangi Mayonif Raider 142 KJ

Berita

Gubernur Jambi Al Haris Sambut Kedatanagn Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman Di Bendara Sultan Thaha

Berita

Forum Pecinta Perahu Tradisional Jambi Resmi Terbentuk

Berita

Kendalikan Inflasi Pangan, Ini Terobosan Dinas Ketahanan Pangan Muaro Jambi

Batanghari

“Ini 13 Pejabat Eselon II Pemkab Batanghari Akan Diuji Komopetensi Segera

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Tinjau Langsung Persiapan Road Rece

Berita

Guna Tingkatkan Profesionalisme, Personel Remaja Ditpolairud Polda Jambi Diberikan Pembekalan Ilmu Kepolisian Reserse Dan Intelejen

Berita

Sadis, Pedagang Emas Di Merangin Tewas Ditempat Usai Dibacok Kawanan Begal