Dandim 0415/Jambi Dampingi Danrem 042/Gapu Tinjau Opla Cegah Stunting, Babinsa Dampingi petugas Kesehatan Berikan Layanan Posyandu Sertu Agus Sukma Jaya, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura didaulat menjadi juri pada kegiatan WDC Oknum Yang Mengaku TNI Kawal BBM Ilegal Diamankan,Ternyata Gadungan Temukan Jarum Suntik, Klip Bungkus Narkoba, Hingga Korek Api, Satu Rumah Diduga Basecamp Dihancurkan Tim Gabungan Polda Jambi

Home / Berita / Tanjab Barat

Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:48 WIB

Rangkaian HUT kemerdekaan RI Serunya Balap Becak Alat Transportasi Tradisional DiTanjab barat

Publishnews.id – KUALA TUNGKAL – Becak satu – satunya alat Transportasi tradisional di Provinsi Jambi di lombakan dalam rangkaian HUT kemerdekaan RI ke-77 dan Hari jadi Kabupaten Tanjung Jabung, Jambi, Senin (15/8/22).

“Iya hari ini Pemerintah daerah menyelenggarakan Balap Becak dan Becak Hias yang diikuti 48 Peserta utusan dari 8 Kelurahan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” kata Syamsul Juhari Kadishub Tanjab Barat.

Untuk Lomba tadi langsung di lepas oleh Pak Bupati dari Garis Start dan Finish di Depan Rumah Jabatan Bupati. “Jadi 8 Kelurahan mengutus 3 Tim yang masing – masing Tim berjumlah 2 orang,” jelasnya lagi.

Tujuan lomba ini sendiri sebut Kadishub selain Becak sebagai Alat Transportasi tradisional, juga lebih kepada melestarikan kearifan Lokal, karena Becak merupakan satu – satunya Alat Transportasi tradisional yang ada di Provinsi Jambi.

“Tahun 2021 Gubernur dan Pak Bupati sudah melaunching Becak wisata. Kita berharap Becak yang ada kita bina, kita lestarikan karena mungkin mereka akan kalah dengan transportasi modern,” sebutnya.

Kadishub Tanjung Jabung Barat Syamsul Juhari berharap kedepan untuk Lomba balap Becak dan Becak Hias akan ditingkatkan lagi baik dari pelaksanaan maupun hadiah bagi para pemenang.

Baca Juga...  Warga Digegerkan Temuan Mayat Wanita dalam Karung

Terpisah, Edi Warga Kelurahan Tungkal II yang satu Tim dengan Udin pengayuh Becak menjadi Juara dalam lomba balap Becak mengatakan, sangat bersyukur sudah menjadi Juara dan adanya kegiatan lomba yang diselenggarakan Pemerintah Tanjung Jabung Barat.

Baca Juga...  Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

“Kami Warga menengah di Kuala Tungkal ini sangat bersyukur. Sebab dengan adanya kegiatan ini dapat membantu kami,” ucap Edi sembari berharap untuk lomba lebih ditingkatkan lagi.

Berikut Kelurahan dan Tim yang menjuarai Balap Becak :

1. Safarudin dan Antoni : Perwakilan Kelurahan Kampung Nelayan Juara III

2. Jainal dan Putra : Kelurahan Sriwijaya Juara IV

3. Udin dan Edi : Kelurahan Tungkal II Juara I

4. A Sani dan Saini : Kelurahan Sungai Nibung Juara II

5. Bahran dan Ali : Kelurahan Kampung Nelayan Juara V

6. Sabri dan Kailani : Perwakilan Kelurahan Tungkal Harapan Juara VI


(*).

Lomba Balap Becak Rangkaian giat HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan Hari jadi Tanjung Jabung Barat ke-57 Tahun 2022, Senin (15/8/22).

Share :

Baca Juga

Berita

Jumat Curhat, Personel Polsek Dan Camat Pemayung Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Kubu Kandang

Berita

Tak Hanya Hentikan Sementara Aktivitas Angkutan Batu bara, Ditlantas Polda Jambi Turut Lakukan Pembatasan Angkutan barang Selana Arus Mudik dan BalikĀ 

Berita

Resmi Jabat Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono Dijadwalkan Besok Tiba di Jambi

Berita

Basarnas Jambi mengikuti Apel Kesiapsiagaan Erupsi Gunung Kerinci

Berita

Jaga Situasi Gangguan Kamtibmas di Masyarakat Tim Gabungan Sat Brimob Polda Jambi Diterjunkan

Batanghari

Aktipitas Ilegal Driling-red Marak Di Desa Bungku , Kabupaten Batanghari Jambi

Berita

Breaking News ( AP ), Pemilik Gudang Minyak ilegal Simpang Rimbo Berhasil Ditangkap

Berita

Dandim 0419/Tanjab Resmikan dan Serahkan Kunci Rehab RTLH di Tungkal V