Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari Jelang Buka Puasa, Dansat Brimob Polda Jambi Turun ke Jalan Bagikan Takjil ke Pengendara  Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran Sambangi Masjid Pasar Angso Duo, Ditpolairud Polda Jambi Gelar Buka Puasa Bersama Anak-anak Masjid Al-ikhlas. BERIKAN LAYANAN KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT, DITPOLAIRUD POLDA JAMBI GUNAKAN KAPAL PATROLI SEBAGAI KLINIK TERAPUNG

Home / Daerah / Ekonomi

Minggu, 15 Agustus 2021 - 09:44 WIB

Rendahnya Ekspor Produk Kopi di Jambi Karena Eksportir Datang ke Lokasi Pertanian

Publishnews.id – Pada tahun 2022 mendatang Pemerintah Provinsi Jambi akan menargetkan ekspor produk pertanian melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi naik hingga tiga kali lipat dari sebelumnya

“Melihat ekspor produk pertanian Jambi saat ini masih rendah, jika berbicara soal produk pertanian Jambi memiliki potensi yang besar,” kata Gubernur Jambi Al Haris.

Dijelaskan Al Haris masih rendahnya ekspor produk pertanian di wilayah Jambi dikarenakan eksportir langsung mendatangi lokasi pertanian di Jambi dan membawa sendiri produk pertanian. Sehingga tidak tercatat dalam ekspor produk pertanian Jambi dan eksportir membawa sendiri produk-produk pertanian dari wilayah Provinsi Jambi.

Ke depan Pemerintah Provinsi Jambi menata ekspor produk pertanian yang difasilitasi oleh instansi terkait di Jambi. Sehingga nilai ekspor pertanian Jambi melalui Pelabuhan Talang Duku nilainya akan meningkat. Dan jasa ekspor produk pertanian tersebut menjadi pemasukan bagi Provinsi Jambi.

Baca Juga...  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Minta Pekan Depan Harga TBS Sawit Di Atas Rp.2.000 Perkilogeram

Dicontohkan, produk komoditi kopi yang di ekspor oleh Balai Karantina Pertanian pada kegiatan merdeka ekspor oleh Balai Karantina Pertanian hanya sebesar 66 ton. Sementara potensi produk kopi Jambi mencapai 15.000 ton.

“Ekspor produk kopi rendah karena importirnya datang langsung ke lokasi pertanian kemudian membawa sendiri,” kata Al Haris.

Pada Sabtu (14/8/2021), Gubernur Jambi Al Haris melepas ekspor komoditas pertanian Provinsi Jambi senilai Rp141,82 miliar ke luar negeri di Pelabuhan Talang Duku.

Kegiatan ekspor produk pertanian tersebut didedikasikan pada masa pandemi atas capaian kinerja sektor pertanian yang mampu tumbuh positif dan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia tetapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekspor nasional.

Baca Juga...  Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Minta Sebut Nama PTT Titipan

Kegiatan Merdeka Ekspor tersebut untuk mendorong produktivitas pertanian untuk memacu devisa desa dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Sehingga target ekspor Indonesia kedepan-nya bisa meningkat tiga kali lipat.

Ekspor komoditas pertanian yang dilepas oleh Badan Karantina Pertanian Jambi diantaranya pinang, biji Karet lempengan, cangkang sawit, Kelapa dan komoditas kayu meranti.

“Harapannya kegiatan ini berkelanjutan bahkan bisa menambah volumenya sehingga Pelindo II akan banyak mengirim barang-barang ekspor hasil pertanian dari masyarakat Provinsi Jambi nantinya,” kata Al Haris.***

Share :

Baca Juga

Batanghari

Kejuaraan Karate Open Batanghari Mampu Menyalurkan Bakat Anak Dibilang Olahraga

Batanghari

Breaking News, Bocah 8 Tahun Tenggelam Di Sungai Batanghari , Di Desa Lopak Aur

Berita

FLAME FEST THE BIGGEST MUSIC FESTIVAL ON TOUR 2023’
AKAN GUNCANG KOTA JAMBI

Berita

AL HARIS HARAP SINERGITAS PEMPROV DAN TNI TERUS MENINGKAT Di Provinsi Jambi

Batanghari

Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas 

Berita

Reskrim Polsek Sungai Gelam Berhasil Ringkus Curamor Di Lintas Jambi Palembang

Berita

Tipidter Ditreskrimsus Polda Jambi Kembali Berhasil Mengamankan 24000 Liter Minyak BBM Jenis Bensin Olahan

Berita

Idul Adha 1444 H, Golkar Provinsi Jambi Sembelih 7 Ekor Hewan Qurban Untuk Masyarakat