Nekat Lakukan Pemerasan Dan Ancam Korban Akan Dibawa Ke Polsek, Dua Pria Diamankan Polisi Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Polda Jambi Cek Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo  DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024 Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas  Peduli terhadap Masyarakat dan Menangkan Prabowo Gibran,SOLMET bagikan Stiker,Susu dan Makan Gratis 2.222 Paket di Jambi

Home / Daerah / Ekonomi

Minggu, 15 Agustus 2021 - 09:44 WIB

Rendahnya Ekspor Produk Kopi di Jambi Karena Eksportir Datang ke Lokasi Pertanian

Publishnews.id – Pada tahun 2022 mendatang Pemerintah Provinsi Jambi akan menargetkan ekspor produk pertanian melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi naik hingga tiga kali lipat dari sebelumnya

“Melihat ekspor produk pertanian Jambi saat ini masih rendah, jika berbicara soal produk pertanian Jambi memiliki potensi yang besar,” kata Gubernur Jambi Al Haris.

Dijelaskan Al Haris masih rendahnya ekspor produk pertanian di wilayah Jambi dikarenakan eksportir langsung mendatangi lokasi pertanian di Jambi dan membawa sendiri produk pertanian. Sehingga tidak tercatat dalam ekspor produk pertanian Jambi dan eksportir membawa sendiri produk-produk pertanian dari wilayah Provinsi Jambi.

Ke depan Pemerintah Provinsi Jambi menata ekspor produk pertanian yang difasilitasi oleh instansi terkait di Jambi. Sehingga nilai ekspor pertanian Jambi melalui Pelabuhan Talang Duku nilainya akan meningkat. Dan jasa ekspor produk pertanian tersebut menjadi pemasukan bagi Provinsi Jambi.

Baca Juga...  Apel Pagi, Kapolda Jambi: Terimakasih Semuanya, Kita Kembali Menjalankan Dinas

Dicontohkan, produk komoditi kopi yang di ekspor oleh Balai Karantina Pertanian pada kegiatan merdeka ekspor oleh Balai Karantina Pertanian hanya sebesar 66 ton. Sementara potensi produk kopi Jambi mencapai 15.000 ton.

“Ekspor produk kopi rendah karena importirnya datang langsung ke lokasi pertanian kemudian membawa sendiri,” kata Al Haris.

Pada Sabtu (14/8/2021), Gubernur Jambi Al Haris melepas ekspor komoditas pertanian Provinsi Jambi senilai Rp141,82 miliar ke luar negeri di Pelabuhan Talang Duku.

Kegiatan ekspor produk pertanian tersebut didedikasikan pada masa pandemi atas capaian kinerja sektor pertanian yang mampu tumbuh positif dan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia tetapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekspor nasional.

Baca Juga...  Terharu...Sang Guru Ini Dilantik Oleh Anak Didiknya

Kegiatan Merdeka Ekspor tersebut untuk mendorong produktivitas pertanian untuk memacu devisa desa dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Sehingga target ekspor Indonesia kedepan-nya bisa meningkat tiga kali lipat.

Ekspor komoditas pertanian yang dilepas oleh Badan Karantina Pertanian Jambi diantaranya pinang, biji Karet lempengan, cangkang sawit, Kelapa dan komoditas kayu meranti.

“Harapannya kegiatan ini berkelanjutan bahkan bisa menambah volumenya sehingga Pelindo II akan banyak mengirim barang-barang ekspor hasil pertanian dari masyarakat Provinsi Jambi nantinya,” kata Al Haris.***

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Jambi Ikuti Baksos Donor Darah, Sambut Hari Juang TNI AD Tahun 2023 di Korem

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Targetkan, 2024 Seluruh Masyarakat Telah Miliki Serikat Tanah

Batanghari

Ditlantas Polda Jambi Tindak Kendaraan Angkutan Batu bara Yang Melintas di Jalan Umum Tanpa Izin Operasi 

Berita

Kemeriahan Perayaan HUT RI ke 78 Warga SAD bersama Personil Satbrimob Polda Jambi

Daerah

Ibu-ibu di Jambi Bagikan Takjil Kepada Warga Sekitar

Daerah

Buka Kegiatan Seribu Bendera, Gubernur Al Haris: Jangan Lelah, Terus Berjuang Bangun Negeri Ini

Berita

Sadis!! Wargo Tabir Selatan Menjadi Korban Perampokan, 19 jahitan melukai kepalak Korban

Daerah

Didampingi Al Haris, Mentan Syahrul Usir Wartawan Hendak Liputan