Bupati Batanghari Melalui Sekda Muhammad Azan Melantik Indra Gunawan Selaku Pj Desa Teluk Ketapang Tak Hanya Silaturahmi, Ketua PWI Kota Jambi Periode 2023-2026 Turut Sampaikan Program Kerja saat Kunjungi Kajari Jambi Dandim 0415/Jambi Hadiri Sosialisasi PT. Pegadaian Cabang Jambi Bisa diduga Kejari Batanghari Lemah dalam Pengawasan Proyek Puskesmas Desa Tenam Kontraktor Berkinerja Buruk, BPJN Jambi Stop Pengerjaan Jalan Inpres di Tanjabtim, Ini Sangsinya

Home / Berita / Muaro Jambi / Pemerintahan

Minggu, 11 September 2022 - 09:48 WIB

Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Publishnews.id – MUARO JAMBI – Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang menderita inflasi cukup tinggi dimana bulan lalu angka inflasi tertinggi di Indonesia.

“Bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angka 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memanggil seluruh bupati/wali kota se-provinsi Jambi,” kata Sekda Muaro Jambi.

Menindaklanjuti arahan gubernur dalam menekan inflasi di kabupaten Muaro Jambi melakukan langkah-langkah lanjutan dengan melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

“Upaya kongkrit dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam menekan inflasi dengan melakukan gerakan menanam cabai,” jelas Sekda.

Dimana cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi dan dengan menanam cabai diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanam cabai di tempat masing-masing OPD dan setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag untuk eselon III wajib menanam cabe” katanya.

Budi berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini, kemudian kepala desa agar meneruskan keseluruhan perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi.

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe cukup tinggi dimana dengan adanya gerakan ini diharapkan konsumsi terhadap cabe bisa terpenuhi,diharapkan bisa menekan harga cabe, dan dapat meningkatkan daya beli komoditas lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Sebut Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura serta Koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabai di kabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat, bahkan melalui Koperindag akan lakukan operasi pasar, jika eskalasi terus meningkat,” pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah Kecamatan Sungai Gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.(Adv/val)

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono.

Baca Juga...  Dua Truk Terlibat Lakalantas, Evakuasi Turunkan Alat Berat

Share :

Baca Juga

Berita

Kodim 0415/Jambi Ikuti Baksos Donor Darah, Sambut Hari Juang TNI AD Tahun 2023 di Korem

Berita

BREAKING NEWS : 8 Pekerja PetroChina di Betara Alami Luka Bakar Semburan Api Pipa Line Gas

Berita

Program Kerja Kadis Dikbud Muaro Jambi, Urutan 2 Bikin Repot Guru Punya Kebiasan Ini

Berita

Antisipasi Penyimpangan Distribusi BBM, Personel Polsek Jaluko Monitoring SPBU

Berita

Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan 

Berita

Kuota Angkutan Batu bara Dibatasi 4000, Dir Lantas Polda Jambi: Angka Kemacetan dan Kecelakaan Menurun

Berita

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Kabar Duka dari Ustadz Abdul Somad

Berita

Hanya Hitungan Jam, Polisi Berhasil Amankan Pelaku Perkelahian Berujung Maut di Senaung