DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024 Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas  Peduli terhadap Masyarakat dan Menangkan Prabowo Gibran,SOLMET bagikan Stiker,Susu dan Makan Gratis 2.222 Paket di Jambi Pelindo Regional 2 Jambi Sukses Layani 6.987 unit Kapal Selama 2023 Polri Peduli, Kapolda Jambi Lepas Langsung 12.000 Paket Sembako Untuk Masyarakat Provinsi Jambi

Home / Berita / Muaro Jambi / Pemerintahan

Minggu, 11 September 2022 - 09:48 WIB

Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Publishnews.id – MUARO JAMBI – Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang menderita inflasi cukup tinggi dimana bulan lalu angka inflasi tertinggi di Indonesia.

“Bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angka 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memanggil seluruh bupati/wali kota se-provinsi Jambi,” kata Sekda Muaro Jambi.

Menindaklanjuti arahan gubernur dalam menekan inflasi di kabupaten Muaro Jambi melakukan langkah-langkah lanjutan dengan melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

“Upaya kongkrit dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam menekan inflasi dengan melakukan gerakan menanam cabai,” jelas Sekda.

Dimana cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi dan dengan menanam cabai diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanam cabai di tempat masing-masing OPD dan setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag untuk eselon III wajib menanam cabe” katanya.

Budi berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini, kemudian kepala desa agar meneruskan keseluruhan perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi.

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe cukup tinggi dimana dengan adanya gerakan ini diharapkan konsumsi terhadap cabe bisa terpenuhi,diharapkan bisa menekan harga cabe, dan dapat meningkatkan daya beli komoditas lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Sebut Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura serta Koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabai di kabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat, bahkan melalui Koperindag akan lakukan operasi pasar, jika eskalasi terus meningkat,” pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah Kecamatan Sungai Gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.(Adv/val)

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono.

Baca Juga...  Gubernur Jambi Semarakkan HUT RI Dengan Bagikan 10 Juta Bendera

Share :

Baca Juga

Berita

Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Ke-77 Kodim 0419/Tanjab Ziarah Kemakam Pahlawan Yudha Satria Pengabuan

Berita

Perkuat Sinergitas, Kalapas Kuala Tungkal Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan OPD Pemkab Tanjung Jabung Barat

Berita

Polda Jambi Gelar Acara Binrohtal, Kapolda Rusdi Hartono Ajak Personel Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Berita

Al Haris Minta Kadis Pendidikan Bekerja Sunguh-sunguh

Batanghari

Gelar Jum’at Curhat Warga Desa Pulau Betung Keluhkan Mobil Batubara Yang Kerap Parkir Sembarangan

Berita

Hari Kedua Pencarian Fauzan, Tim SAR Lakukan Penyisiran Sejauh 5 KM

Berita

Wakapolresta Jambi Hadiri Pelantikan PJ Walikota Jambi Oleh Gubernur Jambi

Berita

Larikan Motor Nmax dengan Modus Pinjam Beli Gorengan, Pria di Merangin Dicuduk Polisi