Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Berita / Muaro Jambi / Pemerintahan

Minggu, 11 September 2022 - 09:48 WIB

Tekan Inflasi Pemkan Muaro Jambi Lakukan Gerakan Tanam Cabai

Publishnews.id – MUARO JAMBI – Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang menderita inflasi cukup tinggi dimana bulan lalu angka inflasi tertinggi di Indonesia.

“Bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angka 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memanggil seluruh bupati/wali kota se-provinsi Jambi,” kata Sekda Muaro Jambi.

Menindaklanjuti arahan gubernur dalam menekan inflasi di kabupaten Muaro Jambi melakukan langkah-langkah lanjutan dengan melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

“Upaya kongkrit dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam menekan inflasi dengan melakukan gerakan menanam cabai,” jelas Sekda.

Dimana cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi dan dengan menanam cabai diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanam cabai di tempat masing-masing OPD dan setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag untuk eselon III wajib menanam cabe” katanya.

Budi berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini, kemudian kepala desa agar meneruskan keseluruhan perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi.

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe cukup tinggi dimana dengan adanya gerakan ini diharapkan konsumsi terhadap cabe bisa terpenuhi,diharapkan bisa menekan harga cabe, dan dapat meningkatkan daya beli komoditas lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Sebut Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura serta Koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabai di kabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat, bahkan melalui Koperindag akan lakukan operasi pasar, jika eskalasi terus meningkat,” pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah Kecamatan Sungai Gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.(Adv/val)

Sekda Muaro Jambi Budhi Hartono.

Baca Juga...  Kampanye, Calon Kades Delima dan Timses Dihimbau Tetap Jaga Kamtibmas Galakkan Vaksin

Share :

Baca Juga

Batanghari

Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung

Batanghari

Breaking News, Bocah 8 Tahun Tenggelam Di Sungai Batanghari , Di Desa Lopak Aur

Berita

Longsor Karena Hujan Deras, Jalan Merangin – Kerinci Terputus

Berita

Kapolsek Muara Tembesi Terima Penyerahan Senpi Rakitan dari Warga

Berita

Survei Tingkat Kepercayaan Publik, Polda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Meraih Peringkat Ke 5 Se Indonesia

Berita

Reskrim Polsek Sungai Gelam Berhasil Ringkus Curamor Di Lintas Jambi Palembang

Berita

Saat Silaturahmi Bersama Amsindo Jambi, Kapolda Jambi Ini Ajak Media Berkolaborasi

Berita

Berani Tantang TNI dan Polri, Begini Nasib Pria Tangguh yang Marah-marah di Bengkel, Kabupaten Bungo