Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Kesehatan

Selasa, 10 Agustus 2021 - 21:19 WIB

Warga SAD Minum Air Ramuan Duan Sungkai Tanggkal Virus

Warga Suku Anak Dalam

Warga Suku Anak Dalam

PublishNews.id – Sanak atau saudara kita warga suku anak dalam (SAD) diwilayah Kabupaten Tebo, juga merasa takut tertular wabah Virus Corona atau pandemi Covid-19.

Namun mereka pantang menyerah dengan memiliki resep tradisional yaitu ramuan yang diyakini bisa menangkal Virus tersebut, ramuan yang mereka yakini ini yakni Rebusan Pucuk Daun Sungkai.

“Kita sangat percaya dengan meminum Air Rebusan Daun Sungkai bisa untuk mengobati demam tinggi, batuk dahak, dan sakit kepala. Juga kepercayaan kita bisa untuk penangkal Corona Covid-19),” ungkap Malenggang, warga SAD Kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Senin malam (09/08/2021).

Dikatakan Malenggang, tidak semua Daun Sungkai memiliki khasiat yang sama. Umumnya, daun sungkai yang digunakan (direbus) adalah pucuknya atau daun yang masih muda.

Baca Juga...  Tinjau RSUD Sungai Bahar, Al Haris Memastikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

“Kami terbiasa menggunakan pucuk Daunnya Sungkai (daun muda-red) bukan daun yang sudah tua,”terang Malenggang.

Sambungnya, bahwa Air Rebusan Pucuk Daun Sungkai rasanya lebih pahit daripada Daun Sungkai sudah tua, baginya diakui Air dari Rebusan Pucuk Daun Sungkai memiliki khasiat serta kemanjuran pemgobatan Covid-19.

” Sejak nenek moyang kami dahulu, yaaa Rebusan daun Sungkai inilah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Apalagi demam tinggi, batuk dan pilek. Beberapa kali saja minum Air Rebusan Sungkai langsug sembuh,” paparnya.

Masih menurut Melenggang mengaku sudah sering menguji Khasiat Air Rebusan Daun Sungkai, seperti kemarin kami sekeluarga demam panas, batuk-batuk dan pilek. Cuma tiga hari saja minum rebusan sungkai langsung sembuh.

Baca Juga...  Sertifikat Vaksin Bukan Syarat Administrasi, Hoaks atau Fakta?

“Tidak hanya diminum, air rebusan daun sungkai juga bisa digunakan untuk campuran air mandi, hasilnya badanpun segar bugar tambah semangat bekerja,” tutup Malenggang.

Hal senada dikatakan Bambang Wakil Temenggung SAD Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir, Sejak nenek moyang kami dahulu obat untuk demam panas, batuk dan pilek cukup dengan minum air rebusan daun sungkai.

“Kulit dan akar pohon sungkai juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan hanya saja butuh penambahan atau campuran tanaman lain agar lebih ampuh, bisa dicampur Akar Bedaro Putih, irisan Kayu Spang lalu direbus dan diminum pakai madu. Itu khasiatnya sangat luar biasa,” tutup Bambang dilansir dari Sidakpost.id***

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Tingkatkan Derajat Pendidikan dan Kesehatan, Fadhil Arief: Kita Coba Hal Baru

Kesehatan

Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Kota Jambi

Daerah

Percepat Penurunan Kasus Covid-19, Gubernur Al Haris Akan Kirim Alat PCR ke Batanghari

Daerah

Tinjau RSUD Sungai Bahar, Al Haris Memastikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

Kesehatan

Sertifikat Vaksin Bukan Syarat Administrasi, Hoaks atau Fakta?

Kesehatan

Warga Batanghari Keluhkan Bides Jarang Ditempat Saat Berobat

Kesehatan

Kisah Mahasiswa Setelah di Vaksin

Kesehatan

Fakta Daun Salam, Ampuh Atasi Kolesterol, Hipertensi, Diabetes, Asam Urat, dan Ginjal Begini Cara Membuatnya