DIRPOLAIRUD POLDA JAMBI IKUTI RAKERNIS POLAIRUD BAHARKAM POLRI TAHUN 2024 Tegas, Wakapolda Jambi Himbau Personel Jangan Tinggalkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) saat Bertugas  Peduli terhadap Masyarakat dan Menangkan Prabowo Gibran,SOLMET bagikan Stiker,Susu dan Makan Gratis 2.222 Paket di Jambi Pelindo Regional 2 Jambi Sukses Layani 6.987 unit Kapal Selama 2023 Polri Peduli, Kapolda Jambi Lepas Langsung 12.000 Paket Sembako Untuk Masyarakat Provinsi Jambi

Home / Kesehatan

Selasa, 10 Agustus 2021 - 21:19 WIB

Warga SAD Minum Air Ramuan Duan Sungkai Tanggkal Virus

Warga Suku Anak Dalam

Warga Suku Anak Dalam

PublishNews.id – Sanak atau saudara kita warga suku anak dalam (SAD) diwilayah Kabupaten Tebo, juga merasa takut tertular wabah Virus Corona atau pandemi Covid-19.

Namun mereka pantang menyerah dengan memiliki resep tradisional yaitu ramuan yang diyakini bisa menangkal Virus tersebut, ramuan yang mereka yakini ini yakni Rebusan Pucuk Daun Sungkai.

“Kita sangat percaya dengan meminum Air Rebusan Daun Sungkai bisa untuk mengobati demam tinggi, batuk dahak, dan sakit kepala. Juga kepercayaan kita bisa untuk penangkal Corona Covid-19),” ungkap Malenggang, warga SAD Kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Senin malam (09/08/2021).

Dikatakan Malenggang, tidak semua Daun Sungkai memiliki khasiat yang sama. Umumnya, daun sungkai yang digunakan (direbus) adalah pucuknya atau daun yang masih muda.

Baca Juga...  DiBesuk Langsung Jusuf Kalla, Ini Update Kondisi Kesehatan Kapolda Jambi Terkini, Menurut Wakapolda Jambi

“Kami terbiasa menggunakan pucuk Daunnya Sungkai (daun muda-red) bukan daun yang sudah tua,”terang Malenggang.

Sambungnya, bahwa Air Rebusan Pucuk Daun Sungkai rasanya lebih pahit daripada Daun Sungkai sudah tua, baginya diakui Air dari Rebusan Pucuk Daun Sungkai memiliki khasiat serta kemanjuran pemgobatan Covid-19.

” Sejak nenek moyang kami dahulu, yaaa Rebusan daun Sungkai inilah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Apalagi demam tinggi, batuk dan pilek. Beberapa kali saja minum Air Rebusan Sungkai langsug sembuh,” paparnya.

Masih menurut Melenggang mengaku sudah sering menguji Khasiat Air Rebusan Daun Sungkai, seperti kemarin kami sekeluarga demam panas, batuk-batuk dan pilek. Cuma tiga hari saja minum rebusan sungkai langsung sembuh.

Baca Juga...  Gelar Jum'at Curhat Warga Desa Pulau Betung Curhat Prihal Mobil Batu Bara Yang Parkir Sembarangan

“Tidak hanya diminum, air rebusan daun sungkai juga bisa digunakan untuk campuran air mandi, hasilnya badanpun segar bugar tambah semangat bekerja,” tutup Malenggang.

Hal senada dikatakan Bambang Wakil Temenggung SAD Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir, Sejak nenek moyang kami dahulu obat untuk demam panas, batuk dan pilek cukup dengan minum air rebusan daun sungkai.

“Kulit dan akar pohon sungkai juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan hanya saja butuh penambahan atau campuran tanaman lain agar lebih ampuh, bisa dicampur Akar Bedaro Putih, irisan Kayu Spang lalu direbus dan diminum pakai madu. Itu khasiatnya sangat luar biasa,” tutup Bambang dilansir dari Sidakpost.id***

Share :

Baca Juga

Daerah

Tinjau RSUD Sungai Bahar, Al Haris Memastikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

Kesehatan

Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Kota Jambi

Kesehatan

Sertifikat Vaksin Bukan Syarat Administrasi, Hoaks atau Fakta?

Daerah

Percepat Penurunan Kasus Covid-19, Gubernur Al Haris Akan Kirim Alat PCR ke Batanghari

Kesehatan

Warga Batanghari Keluhkan Bides Jarang Ditempat Saat Berobat

Kesehatan

Fakta Daun Salam, Ampuh Atasi Kolesterol, Hipertensi, Diabetes, Asam Urat, dan Ginjal Begini Cara Membuatnya

Berita

Danrem : Mari Jadikan Rumkit TK. III 02.06.01 dr. Bratanata Unggulan AD

Kesehatan

Tingkatkan Derajat Pendidikan dan Kesehatan, Fadhil Arief: Kita Coba Hal Baru