Wabup Hairan Pastikan Jalan dan Jembatan di Lubuk Bernai Bisa Dilalui Kapolres Muaro Jambi Resmikan Pos Lantas Terpadu Simpang 3 Mendalo Darat Uang Ratusan Juta Raib Di dalam Mobil Dinas Puskesmas Sekernan Kasatlantas Polres Muaro Jambi terima penghargaan Juara 3 Lomba Film Pendek Dengan Tema Tertib Lalu Lintas Penyelesaian Non ASN di Muaro Jambi, Begini Kata Pj Bupati

Home / Pariwisata

Minggu, 26 September 2021 - 08:17 WIB

Festival Candi Muaro Jambi Dimeriahkan Susur Sungai Batanghari

Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Antara/HO-Diskominfo Muaro Jambi

Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Antara/HO-Diskominfo Muaro Jambi

Publishnews.id – Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari memeriahkan Festival Candi Muaro Jambi ke-16 yang masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021.

“Festival Candi Muaro Jambi dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 September, di hari kedua dilaksanakan lomba perahu hias susur Sungai Batanghari,” kata Bupati Muaro Jambi Masnah Busro saat menutup Festival Candi Muaro Jambi di Candi Muaro Jambi, Sabtu (25/9/2021).

Masnah menjelaskan lomba perahu hias susur sungai tersebut direncanakan dilaksanakan di kanal kuno di dalam kawasan Candi Muaro Jambi. Namun kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan karena kanal kuno tersebut masih belum bisa dilintasi perahu.

Baca Juga...  Wisata Jambi Faradise Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Daerah

Masnah berharap di tahun yang akan datang kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi selesai dilakukan pembangunan ulang, sehingga wisata susur kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi dapat dilaksanakan.

“Saat ini sudah sepuluh kilometer kanal kuno yang sudah di buka kembali, masih tersisa sekitar tujuh kilometer yang harus di buka, harapannya dapat bantuan dari Kementerian untuk membuka kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi,” kata Masnah.

Dengan direhabilitasinya kanal kuno tersebut maka sebelum memasuki kawasan percandian wisatawan terlebih dahulu menyusuri kanal kuno, sehingga menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Selain lomba perahu hias susur sungai, Festival Candi Muaro Jambi dimeriahkan dengan penampilan seni budaya, pameran, bazar, lomba masakan daerah ikan senggung, gulai pucuk rotan dan gangan mangut.

Baca Juga...  Truk Batubara Banyak Menelan Korban Jiwa, Kapolda Jambi: Jika Petugas Kepolisian Tak Bekerja Laporkan ke Saya

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan di tahun yang akan datang seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi akan berpartisipasi dalam festival Candi Muaro Jambi dengan menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah-nya masing-masing.

“Kami ingin Festival Candi Muaro Jambi menjadi festival berskala internasional dengan menghadirkan kesenian, budaya daerah dan kearifan lokal masyarakat Jambi,” kata Al Haris.

Festival Candi Muaro Jambi tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan percandian Muaro Jambi dan dapat mendukung program pemulihan ekonomi nasional dengan pelaksanaan festival secara rutin setiap tahun**

Share :

Baca Juga

Berita

Dua Truk Terlibat Lakalantas, Evakuasi Turunkan Alat Berat

Berita

Breaking News!!!! Kebakaran Hebat Di Simpang Rimbo,Kepulan Asap Hitam Membumbung Tinggi

Berita

Kirab Merah Putih di Bungo, Pecahkan Rekor Muri Dunia

Berita

Gudang Minyak di Kota Jambi Tebakar, Api Merambat di Jalan Lalulintas Macet Total

Pariwisata

Wisata Jambi Faradise Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Daerah

Berita

Al Haris : Pemerintah Jambi Akan Berkan Perhatian Khusus Adat Budaya

Berita

“Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi Daarul Haq

Pariwisata

Sandiaga Uno Minta Gubernur Jambi Mengkoordinir Para Bupati/ Walikota Untuk Dorong Desa Wisata