Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat Pastikan Mudik Nyaman dan Aman, BPJN Jambi Targetkan Perbaikan Jalan Nasional Zero Lubang Peduli Lingkungan, Ditpolairud Polda Jambi Bersih-bersih Sampah di Sungai Batanghari

Home / Pariwisata

Minggu, 26 September 2021 - 08:17 WIB

Festival Candi Muaro Jambi Dimeriahkan Susur Sungai Batanghari

Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Antara/HO-Diskominfo Muaro Jambi

Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Antara/HO-Diskominfo Muaro Jambi

Publishnews.id – Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari memeriahkan Festival Candi Muaro Jambi ke-16 yang masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021.

“Festival Candi Muaro Jambi dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 September, di hari kedua dilaksanakan lomba perahu hias susur Sungai Batanghari,” kata Bupati Muaro Jambi Masnah Busro saat menutup Festival Candi Muaro Jambi di Candi Muaro Jambi, Sabtu (25/9/2021).

Masnah menjelaskan lomba perahu hias susur sungai tersebut direncanakan dilaksanakan di kanal kuno di dalam kawasan Candi Muaro Jambi. Namun kegiatan tersebut belum dapat dilaksanakan karena kanal kuno tersebut masih belum bisa dilintasi perahu.

Baca Juga...  Al Haris : Pemerintah Jambi Akan Berkan Perhatian Khusus Adat Budaya

Masnah berharap di tahun yang akan datang kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi selesai dilakukan pembangunan ulang, sehingga wisata susur kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi dapat dilaksanakan.

“Saat ini sudah sepuluh kilometer kanal kuno yang sudah di buka kembali, masih tersisa sekitar tujuh kilometer yang harus di buka, harapannya dapat bantuan dari Kementerian untuk membuka kanal kuno di kawasan Candi Muaro Jambi,” kata Masnah.

Dengan direhabilitasinya kanal kuno tersebut maka sebelum memasuki kawasan percandian wisatawan terlebih dahulu menyusuri kanal kuno, sehingga menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Selain lomba perahu hias susur sungai, Festival Candi Muaro Jambi dimeriahkan dengan penampilan seni budaya, pameran, bazar, lomba masakan daerah ikan senggung, gulai pucuk rotan dan gangan mangut.

Baca Juga...  Dengan Punya Kreatifitas, Hasil Cukur Warga Binaan Lapas Kuala Tungkal Boleh di Tanding Kan

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan di tahun yang akan datang seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi akan berpartisipasi dalam festival Candi Muaro Jambi dengan menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah-nya masing-masing.

“Kami ingin Festival Candi Muaro Jambi menjadi festival berskala internasional dengan menghadirkan kesenian, budaya daerah dan kearifan lokal masyarakat Jambi,” kata Al Haris.

Festival Candi Muaro Jambi tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan percandian Muaro Jambi dan dapat mendukung program pemulihan ekonomi nasional dengan pelaksanaan festival secara rutin setiap tahun**

Share :

Baca Juga

Berita

Polda Jambi Bersama Denpom Jambi Gerbek Tindak Pelaku Penambang Minyak Ilegal Di Wilayah Bahar

Berita

Kirab Merah Putih di Bungo, Pecahkan Rekor Muri Dunia

Berita

Basarnas Jambi Turunkan Tim Pencarian Bocah 15 Tahun Tenggelam di Sungai Batang Tebo

Pariwisata

Sandiaga Uno Minta Gubernur Jambi Mengkoordinir Para Bupati/ Walikota Untuk Dorong Desa Wisata

Berita

“Sayid Fuad bin Abdurrahman Baraqbah Dinobatkan Sebagai Sultan Jambi Daarul Haq

Berita

Sepak Bola Di Tebo Berakhir Ricuh Sesama Suporter, Satu Suporter Tewas

Berita

Asyik Dikunjungi, Wisata Wahana Kampung Datuk Sajikan Panorama Pohon Cempedak Dan Tiga Kuliner

Berita

Breaking News!!!! Kebakaran Hebat Di Simpang Rimbo,Kepulan Asap Hitam Membumbung Tinggi