– Dilepas Dansat Brimob, Iptu Ilham Tri Kurnia Mutasi Tugas ke Polisi Umum Dandim 0416 Bungo Tebo, Letkol Inf Arief Widyanto, Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024 di Kabupaten Tebo Terpantau Padat, Lancar dan Terkendali, Dirlantas Polda Jambi Turut Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan  Pengangkut Pasir Dan Sawit,Diduga Kuat Penyebab Amblasnya Jembatan Pulau Betung Penghubung Kecamatan Pemayung Dandim 0415/Jambi Ikuti Prosesi Korps Rapot Kenaikan Pangkat

Home / Batanghari / Berita / Pemerintahan / Pendidikan

Jumat, 8 Juli 2022 - 09:37 WIB

Orang Membaca Dengan Baik Tak Akan Gampang di Tipu

Publishnews.id – Pada acara talk show peningkatan indeks literasi untuk kesejahteraan masyarakat serta pengukuhan bunda Literasi Batanghari dan Bunda Literasi se-Kabupaten Batanghari, Kamis (7/7/2022) Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, jika manusia ingin menjadi senang dunia dan akhirat, maka manusia wajib membaca.

“Salahsatu indikator orang yang membaca dengan baik adalah, dia tidak bisa di tipu, di bodohi, dan dia tidak bisa di manipulasi oleh orang lain,” jelas Fadhil Arief.

Selain itu, orang yang membaca tidak akan percaya terhadap fitnah/ hoak, karena dia punya informasi yang utuh terhadap sesuatu hal.

” Kita lihat di Batanghari, kalau masih banyak orang di bodohi, berarti tingkat literasi masih rendah,” sebutnya.

Baca Juga...  Tiga Perwira Polda Jambi Lakukan Sikap Humanis ke Penjual Kitiran Keliling

Fadhil Arief memaparkan, pada tahun 2021 indeks literasi masyarakat Kabupaten Batanghari sudah berada di angka 59. Hal ini masih dalam kategori sedang.

” Wajar saja, karena masih sebagain kita ikut investasi bodong. Seperti investasi ikan lele ini contoh-contoh indikator-indikator jelas di depan mata kita. Contoh yang lain, petani kita membeli bibit palsu, tidak bibit yang dijamin oleh dinas terkait,” jelas Fadhil Arief.

Talks ini digelar di Gedung Pemuda Muara Bulian dengan mengusung dua tema yaitu “Membangun Literasi dalam pemanfaatan Potensi Kelapa Sawit dan Turunannya Menuju Petani Cerdas” dan “Transformasi Perpustakaan Untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Deni Kurniadi mengatakan perpustakaan adalah sarana dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia

Baca Juga...  Fadhil Arief Minta ASN Tidak Ada Lagi Memiliki Pemikiran Kotor Terhadap Pemerintah

” Literasi menjadi pondasi yang kokoh dalam membentuk skill dan kepekaan sosial produktifitas, untuk itu perpustakaan nasional mengembangkan lima tingkatan literasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, selain Kapolres Batanghari AKBP M Hasan SIK, juga hadir, Sekretaris Perkim, A Somad,
Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari Deni Eko Purwanto, Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan RI Adin Bondar, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Wkil Nunda Literasi Batanghari Nurani Zubir, para bunda literasi se-Kabupaten Batanghari, Unsur Forkopimda Batanghari, Kepala Dinas Kominfo Amir Hamzah, para camat, pelaku UMKM dan tamu undangan lainya.

Share :

Baca Juga

Berita

Tiga Putra Tanjab Barat Akan Mengikuti Magang Kerja di Jepang

Berita

Berita

PJ Bupati Muaro Jambi Tinjau Langsung Persiapan Road Rece

Berita

PLN ULP Kuala Tungkal Lakukan Evakuasi Beban dari GI Sabak ke GI Kuala Tungkal

Berita

Hendak Mendahului , Ibu Dua Anak Asal Tungkal Terlindas Mobil Fuso Di Mendalo

Berita

Bupati Anwar Sadat, Pantau Kedatangan Kafilah MTQ di Kantor Kemenag dan Balai Adat Tanjabbar

Batanghari

” Warning ” Yang Dibuat Oleh Pemerintahan Desa Pulau Betung Seolah Olah Dikangkangi Oleh Sopir Angkutan Perusahaan

Berita

Maknai Hari Raya Idul Adha 1444 H, Sat Brimob Polda Jambi Sembelih 22 Hewan Qurban Untuk Masyarakat