Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan Al Haris: Pemrov Jambi Berkomitmen Terhadap Pendidikan Wacana Gubernur Bangun Jalan Khusus Pelaksana, Edi Purwanto Minta TAPD Kaji Program Dumisake Belum Jalan, Al Haris Bakal Turunkan Jabatan Kadis Gubernur Al Haris Minta Pelayanan Publik di Polda Jambi

Home / DPRD Provinsi Jambi

Selasa, 14 Juni 2022 - 16:50 WIB

Masalah Angkuran Batubara, Edi Purwanto Minta Pemrov Harus Ada Keberanian

Publishnews.id -Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto berharap ada political will dan keberanian dari pemerintah provinsi Jambi untuk menyelesaikan permasalahan angkutan truk batubara.

Hal ini disampaikannya saat menerima audiensi dari puluhan pengurus MPW Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Jambi di Gedung DPRD, Senin (13/6/2022).

“Diskusinya udah banyak, tinggal political will dan keberanian dari pemerintah provinsi aja,” ujarnya.

Didampingi Sekretaris DPRD Amir Hasbi, Edi menyampaikan bahwa dirinya sudah pernah menyampaikan kepada Gubernur Jambi untuk membentuk Task Force (gugus tugas, red) yang khusus membicarakan batubara.

“Jadi day to day, mereka hanya fokus membicarakan dan mencari solusi permasalahan batubara,” tambah Edi.

Selain itu dirinya juga pernah mengusulkan agar transporter batubara diberil label, sehingga bisa diketahui dan dicatat jumlah pelanggaran lalu lintas yang sudah dilakukan oleh transporter tertentu.

“Tapi kami DPRD kan cuma bisa melakukan fungsi pengawasan, nggak bisa punishment,” sebut Edi.

Baca Juga...  Apel Pagi, Kapolda Jambi: Terimakasih Semuanya, Kita Kembali Menjalankan Dinas

Ia juga menyampaikan, bahwa inti permasalahan batubara di provinsi Jambi ada pada pemilik IUP (Izin Usaha Pertambangan, red), namun menurutnya saat dipanggil Gubernur pemilik IUP tidak hadir.

“Nanti coba kita (DPRD, red) yang panggil, apa mau hadir?” kata Edi.

Adapun terkait aturan, kata ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini, bahwa DPRD sedang menggodok Ranperda tentang Penyelenggaraan Pengangkutan Batubara yang merupakan revisi atas perda sebelumnya.

“Sudah masuk usulan dari gubernur, sedang kita pelajari,” katanya.

Sementara, MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi yang terdiri dari Ketua MPW Adri, Sekretaris Taufan Junaidi, jajaran Majelis Pertimbangan Organisasi dan puluhan pengurus MPW menyampaikan 4 rekomendasi dalam pertemuan tersebut.

Pertama, MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi merekomendasikan kepada DPRD Provinsi Jambi agar membentuk Pansus Batubara DPRD Provinsi Jambi beserta turunannya.

Baca Juga...  Merdeka Itu Hijrah dari Hamba Dunia Menjadi Hamba Allah

Kedua, MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi meminta keberanian Gubernur Jambi beserta perangkatnya untuk bersikap tegas terhadap pemegang IUP Batubara, dan perusahan angkutan Batubara yang melanggar hukum dan ketentuan peraturan perundang-perundangan yang berlaku.

Ketiga, Pemilik IUP Batubara yang ada di Provinsi Jambi wajib berkantor di Provinsi Jambi.

Keempat, MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi meminta kepada pemerintah Provinsi Jambi dan pemerintah kabupaten Muaro Jambi utk menertibkan stockpile milik perusahaan batubara yang berada di dalam kawasan situs percandian Muara Jambi.

Menerima Aspirasi dari Pemuda Pancasila tersebut, Edi menyambut baik dan berharap PP juga menyampaikan hal yang sama kepada jajaran forkopimda lainnya, juga mengajak ormas lain untuk ikut peduli terhadap permasalahan batu bara ini.

“Insya Allah (pembentukan, red) pansus akan kami kaji, untuk kesejahteraan masyarakat semua,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita Terbaru

Komisi IV DPR RI Dukung Pansus Konflik Lahan DPRD Provinsi Jambi

DPRD Provinsi Jambi

Pinto : Hepatitis Akut Jangan Dianggap Enteng, Pemprov Harus Serius

DPRD Provinsi Jambi

Edi Purwanto Menilai Seluruh OPD Pemprov Jambi Lambat Dalam Bekerja

DPRD Provinsi Jambi

Safari Ramadhan, Edi Purwanto Berikan Sembako Kepada Kaum Dhua’afa

DPRD Provinsi Jambi

Edi Purwanto: Pentingnya Memahami Al Quran Secara Kontekstual

DPRD Provinsi Jambi

Wacana Gubernur Bangun Jalan Khusus Pelaksana, Edi Purwanto Minta TAPD Kaji